Akhirnya Setelah Berjuang 16 Tahun, Rio Haryanto Resmi Mengikuti Kejuaraan F1

0
458
Rio Haryanto pembalap yang resmi masuk Formula 1
(Via / olahraga.kompas)

Beritapetang.com – Jumat (19/2/2016) Kalian pasti tahu dong sama pembalap muda dan ganteng, Rio Haryanto? Ya, akhirnya pembalap Rio Haryanto setelah 16 tahun berjuang untuk bisa mengharumkan nama Indonesia, kini terwujud sudah karena ia resmi mengikuti kejuaraan F1 (Formula 1). Memang nama Rio Haryanto baru muncul ketika ia sedang mencari dana untuk bisa mengikuti kompetensi paling terkenal di dunia, F1 (Formula 1).

Dana untuk mengikuti kompetensi itu memang sangat mahal, biaya tersebut sekitar 15 Juta Euro atau setara dengan Rp. 223 Miliyar rupiah. Dana tersebut sempat menjadi perdebatan, karena ada yang berfikir apakah pantas uang negara sebanyak itu hanya untuk satu orang. Tetapi pada akhirnya Rio pun resmi ikut kompetensi balap di acara tersebut pada musim depan bersama dengan tim Manor Mercedez.

Rio pernah memenangi kejuaraan Formula BMW
(Via / motorcar)

Tidak mudah untuk Rio Haryanto, untuk bisa mengikuti ajang yang sangat bergengsi F1 (Formula 1) ia harus berusaha keras mencari dana untuk bisa ikut acara itu. Karena hal tersebut, Rio pun menerima jika dirinya disebut dengan istilah negatif “Pay Driver”. Tapi sebenarnya istilah negatif “Pay Driver” ini sudah ada sejak lama dan bukan hal yang baru di ajang F1 itu. Tidak hanya, Rio saja tetapi juga ada pembalap legendaris seperti Michael Schumacher, Fernando Alonso, dan Niki Lauda pernah mendapatkan istilah negatif “Pay Driver” ini.

Meskipun, memiliki julukan “Pay Driver” tapi Rio memang bukan pembalap sembarangan. Ia pembalap handal dan kemampuannya pun sudah ia asah selama 16 tahun. Selain itu, Rio pernah memenangkan kejuaraan Formula BMW Asia Pasifik ditahun 2009 dan juga selama 4 tahun ia menjadi pembalap di GP2, serta ia pernah memenangi 3 kali balapan sepanjang tahun 2015.



Akhirnya Rio Haryanto resmi mengikuti ajang bergensi F1
(Via / duajurai)

Rio sudah mengembangkan kemampuannya balapannya di ajang Internasional sejak tahun 2008 tapi hanya se Asia. Lalu, karir Rio pun semakin berkembang sejak ia mengikuti kompetensi Formula BMW dan GP2 ia beberapa kali menang. Kemudian, pada tahun 2010 Rio telah memiliki kesempatan untuk menjadi salah satu pembalap muda dari Indonesia yang pernah mencoba menguji mobil F1, di Abu Dhabi. Di tahun 2012 hingga 2015 Rio mengikuti ajang GP2 Series. Bukan itu saja, pemiliki Manor Racing yang bernama Stephen Fitzpatrick juga mengatakan bahwa di GP2 Rio sangat menarik perhatian.

Banyak kisah yang menceritakan perjalanan karir Rio Haryanto, dari ia bisa sukses mencetak Pole Position disirkuit basah, Spa Francorchamps, Belgia. Hingga, ia bisa diposisi Podium di Silverstone, Inggris dan juga Jalan Raya Monte Carlo. Serta, pernyataan yang berasal dari Stephen Fitzpatrick bahwa perfoma Rio sangat berpotensi dan memikat di ajang GP2. (Mil / berbagai sumber).

Komentar