Tragis, Seekor Lumba-Lumba Mati Akibat Diajak Foto Selfi Bersama Puluhan Turis

0
996
Lumba-lumba tidak bisa bertahan lama diluar air
(Via / Hipwee)

Beritapetang.com – Apakah yang kalian lakukan, jika kalian menemukan seekor Lumba-Lumba yang terdampar? Pastinya kalian membantu untuk mengembalikannya ke tempat asalnya, bukan? Namun, berbeda dengan wisatawan yang sedang berlibur di pantai Argentina. Bukannya mengembalikan Lumba-Lumba yang sedang terdampar ke laut, tapi ia malah mengambilnya dan memaksakan Lumba-Lumba untuk berfoto selfie bersamanya.

Hal tersebut terlihat dari foto-foto para wisatawan itu yang sudah tersebar luas di berbagai sosial media. Foto itu menunjukkan bahwa banyaknya turis yang sedang membawa, menggendong, menyentuh dan bergantian foto dengan Lumba-Lumba ini.

Tindakan ini dilakukan di pantai Kota Santa Teresita. Selain itu, para penjaga lingkungan hidup pun kesal, marah dan emosi melihat aksi yang dilakukan oleh para tulis itu. Foto tersebut, diketahui diambil pada pekan lalu.

Setelah dicek ternyata Lumba-Lumba yang ditemukan adalah spesies langka yang bernama Franciscan dolphin. Menurut laporan, spesies yang hampir punah ini hanya ada sekitar 30.000 yang masih tersisa dan hidup di alam liar.



Seekor Lumba-Lumba meninggal karena selfie
(Via / global.liputan6)

Kemudian, Badan Lingkungan Hidup Argentina menjelaskan bahwa para tulis sebenarnya menemukan dua Lumba-Lumba, dan satu diantaranya telah meninggal dunia. Karena, kehabisan nafas dan tidak bisa berlama-lama tahan di udara luar laut.

Ada sebuah video rekaman yang menujukkan bahwa ada salah seorang tulis pria yang sedang mengambil seekor Lumba-Lumba dari laut dan menariknya keluar lalu dikelilingin sebelum ia menggendongnya. Sedangkan, ada foto lain yang tersebar yang memperlihatkan banyak turis yang sedang mengelilingi Lumba-Lumba dan ada juga yang sedang melakukan foto selfie bersama dengan Lumba-Lumba malang itu.

“Spesies Franciscan ini sangat tidak bisa bertahan lama di udara luar laut, sama seperti ikan-ikan lain pada umumnya. Karena, mereka memiliki kulit yang tebal dan bisa tetap membuatnya hangat maka jika ia berada di luar air, mereka akan cepat kehabisan nafas dan mati”. Pernyataan dari Argintine Wildlife Foundation (AWF), yang dikutip dari Liputan6.com dan dilansir dari BBC, pada hari Jumat (19/2/2016).

“Dari kejadian yang terjadi, semoga ini menjadi peringatan supaya nanti jika kalian menemukan spesies Franciscan. Tolong segeralah kembalikan ke dalam air atau ke laut”. Tambahnya.

Lumba-Lumba berjenis Franciscan atau Del Plata merupakan Lumba-Lumba salah satu dari mamalia air yang sangat kecil dari jenisnya yang lain. Jenis ini, memiliki panjang hanya 1.3 Meter sampai 1.7 Meter. Serta, jenis tersebut bisa ditemukan di negara Argentina, Brasil, dan Uruguay. (Mil / berbagai sumber).

Komentar