Fenomena Gerhana Matahari Total Akan Menarik Perhatian Wisatawan

0
811
Gerhana Matahari Total Di Indonesia
(Via / zeora.net)

Beritapetang.com – Pernahkah anda melihat Gerhana Matahari Total (GMT) secara langsung? Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) ini akan terjadi pada 09 Maret 2016 mendatang, karena hanya akan ada di Indonesia saja. GMT terjadi di 12 wilayah, diantaranya Bangka Belitung, Sumatera Barat, Palembang dan Bengkulu.

Karena, fenomena alam yang langka ini, maka di perkirakan dapat menarik kedatangan wisatawan yang ingin melihat langsung terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT). Para wisatawan yang berkunjung, kemungkinan datang dari berbagai tempat, baik wisatawan yang berasal dari mancanegara maupun lokal. Kementrian Pariwisata (Kemenpar) sudah memiliki target wisatawan yang ingin berkunjung untuk berlibur maupun yang datang untuk melihat langsung keindahan Gerhana Matahari Total tersebut.

Gerhana Matahari Total
(Via / maduraexpose.com)

“Pada tanggal 9 Maret 2016 mendatang, negara kita akan mengalami fenomena alam yang sangat langka dan juga menarik yaitu Gerhana Matahari Total (GMT) yang hanya akan terjadi di Indonesia saja”. Kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, saat acara conference Gerhana Matahari Total di Sari Pan Pacific Hotel, Thamrin, Jakarta Pusat, pada Senin (25/01/2016).

Arief mengatakan bahwa, fenomena unik tersebut rencananya di pergunakan untuk mengenalkan berbagai macam wisata-wisata yang ada di Indonesia, khususnya daerah yang di lintasi oleh Gerhana Matahari. Karena, fenomena yang langka itu hanya muncul 300-an tahun sekali.



Menurut Arief, tidak hanya untuk mengenalkan pariwisata Indonesia kepada wisatawan saja, tetapi juga di gunakan untuk menambah pengetahuan ilmu Sains atau melakukan penelitian, serta dapat menaikkan kondisi ekonomi Indonesia.

Gerhana Matahari Total dijadikan Pariwisata
(Via / travel.dream.co.id)

“Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) dapat di jadikan sebagai sarana penelitian atau juga penambahan ilmu pengetahuan di bidang Sains. Tidak hanya itu, kejadian itu dapat mendongkrak ekonomi Indonesia kita. Gerhana Matahari Total yang nantinya paling lama di lintasi, kemungkinan di wilayah Halmahera Timur”. Katanya.

Oleh sebab itu, Kemenpar telah memiliki target wisatawan yang berkunjung datang ke Indonesia. Para wisatawan yang datang bertujuan untuk berlibur serta secara langsung dapat melihat indahnya Gerhana Matahari Total. Wisatawan yang berkunjung sepanjang tahun ini yaitu sebanyak 272 juta wisatawan, di antaranya ada 12 juta turis asing atau mancanegara dan 260 juta lainnya wisatawan lokal. (Mil / berbagai sumber).