Menakjubkan! Dua Mahasiswa Binus Mengembangkan Penemuan Kursi Roda Yang Digerakkan Sinyal Otak

0
478
Dua Mahasiswa Binus Mengembangkan Kursi Roda Dengan Sinyal Otak
hebat, dua mahasiswa Binus ini sungguh kreatif! (via/ detik)

Beritapetang.comUnversitas Bina Nusantara atau Binus pantas berbahagia lantaran dua mahasiswanya berhasil mengembangkan penemuan kursi roda yang digerakkan dengan sinyal otak. Siapakah dua mahasiswa cerdas tersebut?

Adalah Jennifer Santosos berusia 21 tahun dan rekannya Ivan Halim Parmonangan yang berusia 21 tahun. Keduanya merupakan dua mahasiswa Binus jurusan Teknik Informatika semester tujuh yang berhasil membuat proyek skripsi mereka. Alasan Jennifer dan Ivan memilih kursi roda sebagai proyek penelitian mereka adalah banyaknya orang yang membutuhkan kursi roda di sekitar mereka.

Dua Mahasiswa Asal Binus Yang Kreatif Di Bidang Informatika
Ivan saat duduk di atas kursi rodanya (via/ Detik)

Seperti yang dikutip BeritaPetang dari laman Detik.com, Jennifer dan Ivan melanjutkan dan mengembangkan penelitian kakak kelas mereka. Pertama-tama, mereka mengobservasi penyandang disabilitas di sekitar mereka. Ternyata banyak dari disabilitas yang masih sehat otak dan pikirannya. Akhirnya Jennifer dan Ivan mengusulkan untuk mengembangkan kursi roda dengan bantuan sinyal otak untuk menggerakannya.

Setelah itu, kedua mahasiswa cerdas ini segera mengumpulkan komponen utama mereka yaitu kursi roda dan neuroheadset. Neuroheadset adalah alat yang bisa menangkap gelombang listik dan memperkuat dalam skala ribuan kali. Kemudian neuroheadset tersebut akan terhubungan dengan aplikasi software yang dibuat di dalam CPU oleh mereka.



Sementara itu, karya mereka yang diberi nama Bina Nusantara Wheelchair ini meraih juara 2 dalam lomba Pagelaran Mahasiswa Nasional bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) 2015 dalam kategori sistem cerdas. Tak hanya itu, karyanya juga mengantarkan dosen pembimbing skripsi mereka yakni Dr Widodo Budiharto, SSi, MKom masuk ke 15 besar Dosen Berprestasi Nasional. Penasaran seperti apa cara kerja kursi rodanya? yuk simak videonya di bawah ini! (Oky/ berbagai sumber)