Rupiah Melemah Menyebabkan Ekonomi Terhambat

0
439
Rupiah Menguat
Ini dia faktor yang menyebabkan nilai rupiah menguat.

Pemerintah nampaknya tidak berhasil dalam menguatkan mata uang rupiah terhadap mata uang asing. Semakin melemahnya mata uang rupiah maka menyebabkan pertumbuhan ekonomi yang terhambat. Terjadinya inflasi tentu membuat ekonomi Indonesia semakin terpuruk.

Menteri Keuangan ( Menkeu ), Bambang Brodjonegoro mengungkapkan bahwa resesi ekonomi di sebuah negara ditandai dengan pertumbuhan ekonomi yang semakin menyusut atau mengalami perlambatan dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini disebabkan oleh konsumsi domestik terhadap barang lokal semakin melemah dan nilai ekspor pun menurun.

“Tren perlambatan ekonomi sudah terjadi sejak 2012, tapi realiasi di kuartal I 2015 sebesar 4,7 persen masih relatif tinggi dibanding negara lain yang perekonomiannya jauh lebih besar dari Indonesia,” ucapnya, di Jakarta ( 18/6/2015 ).

Menurut Bambang, pemerintah harus bekerja keras secara ekstra untuk mengembalikan tren pelemahan ekonomi menjadi lebih baik pada tahun ini. Salah satunya dengan memacu pengeluaran pemerintah dan memperkuat stimulus fiskal termasuk reformasi pada perpajakan.



“Dengan begitu, kita bisa mendapatkan penerimaan (negara) yang lebih baik dan punya ruang untuk melakukan stimulus fiskal lebih besar. Stimulus fiskal dan investasi pemerintah yang lebih besar akan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia yang bisa menghindarkan kita dari resesi. Kita upayakan jangan sampai terjadi (resesi),” terangnya.

Dalam rangka penstabilan nilai rupiah, Bambang memastikan untuk terus mereformasi kebijakan struktural guna mengurangi defisit negara, karena kebijakan ini sangat esensial untuk menjaga kurs rupiah yang semakin terpuruk.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here