Afif Adalah Leader Serangan Bom Sarinah, Benarkah Akan Ada Serangan Susulan?

0
591
Afif Juru Kunci Serangan Bom Sarinah
inilah sosok Afif sang juru kunci serangan bom Sarinah (via/ detik.com)

Beritapetang.comAfif yang bernama lengkap Sunakim alias Nakim ini mencuat lantaran sosok dirinya yang dinilai sebagai juru kunci serangan bom Sarinah itu terjadi. Bersama rekan-rekannya, Afif tewas ketika melakukan aksi teror tersebut. Namun, benarkah masih ada serangan susulan nantinya? lalu seperti apa sosok Afif ini?

Afif Pelaku Bom Sarinah Di Kawasan Thamrin
sosok Afif (via/ beritasatu.com)

Seperti yang dikutip Detik.com, pengamat terorisme dari Community of Ideological Analyst (CIIA) Harits Abu Ulya mengatakan jika Afif adalah leader dalam serangan bom Sarinah yang terjadi pada tanggal 14 Januari 2015 lalu. Sebelumnya, Afif pernah mengikuti pelatihan teror di Aceh. Afif pun sempat ditangkap oleh densus 88 dan ditahan di LP Cipinang lantaran kerja sama dalam aksi terorisme.

“Afif ini pernah latihan di Aceh. Kuncinya di dia. Tapi kemampuan dia tidak sehebat yang digambarkan. Cuma Afif ini punya spirit kuat untuk melakukan serangan itu sejak di dalam penjara. Ini sudah dirancang jauh sebelum dia keluar penjara. Setelah dia keluar bulan Agustus (2015) dia matangkan rencana itu. 5 bulan dia mematangkan rencana itu,” ujar Harits.

Afif Pelaku Bom Sarinah
Bukti Afif dinilai teroris amatiran (via/ merdeka.com)

Harits pun tak memungkiri jika akan ada serangan susulan nantinya. Pasalnya, Afif banyak melakukan interaksi dengan rekan-rekannya saat berada di LP Cipinang. Harits juga mengatakan jika hal tersebut sampai terjadi, sangat membahayakan lantaran rekan-rekan Afif lainnya bisa saja merencanakan hal yang serupa seperti Afif.



Meskipun disebut sebagai leader, Afif dinilai peneror amatiran. (Oky/ berbagai sumber)