Ini Dia Cara Mentan Redam Bawang Merah Import

0
267

Kementrian pertanian ( kementan ) berupaya untuk meredam bawang merah import supaya tidak terlalu menjamur di bumi pertiwi ini. Karena kementan beranggapan bahwa bawang merah yang ada di Indonesia tidak kalah bagusnya, hanya saja stok bawang merah yang tidak memadai hingga harga bawang merah lokal dapat lebih tinggi dari bawang merah import.

Untuk itu, kementan berupaya untuk membuka lahan seluas 4000 ha yang akan digunakan untuk memproduksi sekitar 40 ribu ton bawang merah. Hal ini juga mampu meningkatkan taraf ekonomi di Indonesia dan menjadi devisa negara.

Menteri pertanian Andi Amran Sulaiman mengakui Indonesia masih menerima import bawang merah sekitar 30 ton sampai 100 ton setiap tahunnya. Penambahan lahan menjadi salah satu solusi untuk meredam penjamuran bawang merah import yang kian meningkat.

“Jadi impor kita kisaran 30 ribu-100 ribu. Ini sangat sederhana (penuhi pasokan) kita menambah luasan,” kata Mentan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/5/2015).



Andi mengungkapkan, dengan membuka lahan seluas 4000 ha ini diharapkan setiap 1 ha dapat menghasilkan bawang merah sebanyak 10 ton. Maraknya bawang merah import ini dipicu karena melonjaknya harga bawang merah di Indonesia, terutama yang dipasok dari lokal. Terjadinya kondisi ini, membuat para pedagang mulai memasok bawang merah import karena harganya yang lebih murah.

Dongan Pakpahan (27) seorang pedagang Pasar Induk Kramat Jati mengaku hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp 19 ribu per kilogram (kg), ia sudah bisa mendapatkan bawang merah import.

Sedangkan untuk bawang merah lokal, ia harus merogoh kocek lebih mahal yaitu sebesar Rp 20 ribu, yang dipasok dari Brebes, Jawa Tengah.

Menurut Andi, ini merupakan hal yang aneh, dimana harga lokal meningkat melebihi harga import. Sedangkan harga import saja sudah termasuk pajak dan lain – lain, sedangkan untuk bawang merah lokal tidak terkena pajak import sedikitpun. Tetapi malah harga lokal lebih mahal.

Menurutnya, hal ini terjadi karena langkanya bawang merah lokal, karena selalu kekurangan stok, maka dinaikanlah harga bawang merah lokal. Anda berharap rencana membuka lahan seluas 4000 ha ini dapat berjalan dengan baik guna membantu dalam peningkatan taraf ekonomi Indonesia dan mengurangi tingkat pengangguran.

Komentar