Gempa Terjadi di Tiga Provinsi Indonesia, Potensi Tsunami Tidak Ada

0
260
Gempa Bumi
Gempa terjadi di tiga provinsi Indonesia tidak di temukan korban jiwa. ( via okezone.com )

Tiga Provinsi di Indonesia hari ini Sabtu 21 November 2015 telah terjadi gempa, tiga provinsi tersebut adalah Maluku Tenggara Barat, Banjarnegara Jawa Tengah, dan Ternate. Gempa yang terjadi mempunya Skala Richter (SR) yang berbeda-beda.

Gempa pertama terjadi di daerah Maluku tenggara barat pada pukul 16.06 WIB, Magnitude gempa tersebut sebesar 6,0 SR. Gempa berpusat di di laut dengan kedalaman 78 Km pada koordinat 7.48 LS,130.21 BT (129 km Barat Laut Maluku Tenggara Barat). Gempa tersebut di berikan penjelasan oleh Sutopo Purwo Nugroho selaku Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tidak membawa potensi tsunami.

“Meskipun ada goncangan yang cukup kuat di daerah Maluku Tenggara Barat selama 5 detik, dan belum ada laporan korban jiwa dan kerusakan bangunan akibat gempa tersebut,” terang Sutopo, Sabtu (21/11/2015).

Gempa yang kedua terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah. Gempa di daerah ini terjadi sampai dua kali, gempa pertama terjadi pada pukul 10.32 WIB yang mempunyai 3,2 SR dan pada pukul 12.27 WIB warga sekitar kembali di kejutkan oleh gempa ke dua dengan 3,4 SR. Gempa ini tidak memakan korban jiwa atau kerusakan pada rumah warga sekitar, Intensitas gempa II-III MMI juga dirasakan lemah namun masyarakat tetap saja waspada.



“Pusat gempa di darat, 16 km tenggara dan barat daya Banjarnegara di kedalaman 10 km,” ungkap Sutopo.

Masyarakat disekitar pun di ajak untuk mengecek adanya keretakan pada lingkungannya dan juga lereng gunung karena di khawatirkan dapat terjadi longsor saat musim hujan.

Gempa ke tiga terjadi di daerah Ternate, gempa ini dirasakan sejak 17 November 2015 sampai sekarang dan di rasakan oleh masyarakat Ternate dan Jailolo hingga IV MMI. Gempa ini berpusat di di laut dan di darat.

“Tidak ada korban jiwa dan laporan kerusakan rumah,” akhir Sutopo. ( Eky / berbagai sumber )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here