Jokowi dan PM Kanada Sepakati Pemberantasan Terorisme, di Turki

0
312
Pertemuan Presiden Indonesia di Kanada

Bapak Presiden Indonesia Joko Widodo atau yang sering kita panggil bapak Jokowi bertemu bilateral pertama dengan Perdana Menteri (PM) Kanada, Justin Trudeau tuk membahas lima isu seperti kerja sama ekonomi, pemberantasan terorisme dan radikalisme.

Presiden Jokowi tiba di kota antalya, Turki pada hari minggu 15 November 2015. Di awali dengan rangkaian pertemuan G20 dan melakukan pertemuan bilateral bersama sejumlah pemimpin negara, salah satunya adalah PM Kanada. Tujuan bapak Presiden Jokowi berada di Turki yaitu untuk menghadiri KTT G-20.

Dalam pertemuan dengan PM Kanada untuk perkenalan antara kedua pemimpin dan membahas upaya bagaimana meningkatkan kerja sama bilateral dan meningkatkan kerja sama pada beberapa isu-isu global. Kedua pemimpin ini pun menyampaikan rasa duka yang mendalam terhadap serangan teror yang terjadi di Paris,Prancis. Kali ini Indonesia dan Kanada memandang upaya untuk memerangi radikalisme dan terorisme yang perlu menjadi perhatian bagi semua negara.

Presiden Jokowi mengajak pengusaha Kanada untuk meningkatkan investasi di Indonesia khususnya pada sektor pertanian, SDM, infrastruktur, dan teknologi berkelanjutan. Dalam hal ini bapak Presiden Jokowi menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kondisi lebih kondusif pemerintah Indonesia telah mengeluarkan berbagai paket kebijakan ekonomi bagi investor di Indonesia. Presiden Jokowi sangat berharap agar pengusaha Kanada dapat memanfaatkan peluang dan kondisi ini di Indonesia.



Harapan Indonesia juga di tegaskan oleh bapak Presiden Jokowi agar pertemuan COP-21 UNFCC di Paris dapat menghasilkan perjanjian internasional baru di bidang perubahan Iklim. Bapak Presiden pun mengajak Kanada agar meningkatkan komitmennya seperti yang sudah dilakukan Indonesia untuk pengurangan emisi sebesar 29 persen pada 2030 dan 41 persen dengan bantuan internasional. Kedua pemimpin pun telah sepakat untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi terbaharu serta pengelolaan lahan gambut dan energi efisiensi.

kedua pemimpin di bidang transnational organised crime sepakat untuk fokus dalam bekerja sama memberantas IUU Fishing,terrorisme, dan penyelundupan obat-obatan terlarang.

 

 

Komentar