Mother of Satan, Teror Bom Paris dan Mall Alam Sutra

0
247
bom mother of satan

Ketika sedang terjadinya terorisme di kota Paris yang menewaskan banyak korban jiwa, di Indonesia pun terjadi teror bom tepatnya di kawasan tangerang selatan Mall @ Alam Sutra. Mother of Satan adalah bahan bom yang sering disebut dengan ‘Ibu dari Setan’ ini adalah bahan peledak yang dibuat dengan bahan kimia dengan harga murah dan mudah didapatkan, cara membuatnya cukup sederhana.

bahan bom mother of satan
bahan bom mother of satan

Bahan peledak ini  yang digunakan pelaku teror di Mall @ Alam Sutera, Tangerang, beberapa waktu lalu dan di Kota Paris. TATP ini adalah sebutan untuk Mother of Satan. TATP adalah salah satu bom yang sulit dibuat dan mematikan. Kendati demikian, bahan-bahannya mudah dicari, TATP telah digunakan para militan dan teroris dalam beberapa dekade terakhir dan TATP ditemukan pada th 1985 oleh seorang ilmuan Jerman, Richard Wolffenstein. TATP mempunyai kekuatan peledak yang sangat besar dan bahkan lebih besar dari TNT. TATP berbeda dengan TNT karena TATP sangat sensitif dan tidak memerlukan detonator untuk meledakkannya.

TATP tidak pernah dipakai militer karena mempunya kesensitifan dan ketidaksetabilan. TATP pernah diketahui digunakan untuk aksi terorisme di Tepi Barat, Palestina semenjak 1980-an. Para Teroris di Timur Tengah juga menggunakan bom jenis ini karena bahan-bahan yang diperoleh mudah. Hanya memerlukan ahli kimia untuk bisa meramu hingga menjadi ledakan yang mematikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here