Perkara Kartel Marak Terjadi, KPPU Ambil Langkah

0
209
M Syarkawi Rauf

Perkara Kartel memang kerap sekali terjadi di Indonesia. Dimana banyak para oknum yang mempermainkan harga barang sembako guna meraup untung yang besar. Sebelumnya pada hari raya idul fitri, harga-harga kebutuhan pokok memang meningkat sangat tajam. Lantaran permintaan yang begitu besar. Tapi mengapa setelah hari raya idul fitri, harga-harga tak kunjung turun? Malah semakin melambung.

Hal ini menjadi titik fokus KPPU ( Komisi Pengawas Persaingan Usaha ) yang bertujuan untuk memberantas praktik illegal seperti ini, karena ini akan merugikan kebanyakan masyarakat. Salah satu kasus yang sedang diselidiki oleh KPPU adalah harga daging yang semakin melambung.

Menurut ketua KPPU M Syarkawi Rauf, menjelang hari raya idul fitri, harga daging melambung naik. Kenaikan masih dianggap wajar oleh KPPU, tapi semakin kesini, harga tak kunjung turun. Justru malah semakin meningkat saja. Untuk itu, ia dan jajarannya segera mengambil langkah guna memberantas perkara monopoli semacam ini.

Dalam langkah memberantas perkara semacam ini, Syarkawi menyatakan kalau KPPU perlu diberikan wewenang secara mutlak, karena akan secepatnya dilakukan pemeriksaan ke berbagai lokasi yang mungkin menyebabkan timbulnya perkara kartel.



“Paling tidak ke depan, kami (KPPU) diberikan wewenang (lebih) untuk melakukan pemeriksaan di tempat, di mana para pelaku usaha berada dan membawa dokumen (sitaan) pulang,” ucap Ketua KPPU M Syarkawi Rauf, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Syarkawi berharap agar secepatnya KPPU dapat mengambil langkah dalam menanggulangi kasus semacam, sebab bila dibiarkan terlalu lama, hal seperti ini akan menjamur di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here