Jenis Bom Apakah Yang Dipakai Para Pelaku Di Paris?

0
389
para teroris memakai bom TATP

Maraknya aksi bom yang dilakukan oleh sekawanan orang-orang yang tak berkeprimanusiaan menarik perhatian dunia. Seperti yang dilakukan pelaku aksi bom bunuh diri di Paris, Prancis telah menggemparkan seluruh masyarakat di dunia. Jenis bom yang digunakan pun menjadi tanda tanya besar karena telah menelan korban jiwa sebanyak ratusan orang.

Jenis bom yang dipakai adalah TATP (triacetone triperoxide) atau memiliki sebutan Mother Of Satan atau ‘Ibu Dari Setan’. Jenis bahan peledak satu ini sempat digunakan pula oleh pelaku bom Mal Alam Sutera beberapa waktu lalu. Karena kandungannya berasal dari bahan kimia yang murah, keberadaan bom ini pun mudah didapat.

jenis bom TATP mudah didapat
bahannya yang murah dan mudah dicari namun sangat mematikan (via/ @liputan6.com)

Walaupun bahannya mudah dicari, cara merangkai atau membuat jenis bom satu ini sangatlah sulit. Bom jenis TATP ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuan asal Jerman bernama Richard Wolffenstein. Para teroris kini menggunakan Bom TATP dalam melayangkan serangannya saat ini.

Meski TATP adalah jenis bom yang mematikan, para militer tak pernah memakai jenis bom satu ini dan tetap menggunakan TNT. TATP cenderung lebih sensitif dan ketidakstabilannya sulit terdeteksi jika mengalami kerusakan.



Prancis menjadi terget utama para teroris
akibat ledakan bom tersebut, ratusan korban telah tewas

Karena dari itu, seluruh masyarakat di dunia dihimbau untuk tetap berhati-hati dan berjaga-jaga. Murahnya bahan serta mudah dicari, membuat para teroris mengakalkan segala cara untuk merakitnya dengan dibantu oleh tenaga ahli kimia.

 

Komentar