Ketua DPRD Sumut Ditahan Oleh KPK, Apa Penyebabnya?

0
246
Ajib Shah Ditangkap KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) baru saja menahan ketua DPRD Sumatera Utara ( Sumut ) tahun 2014-2019, Ajib Shah terkait kasus suap Gubernur Sumatera Utara yang sudah tak aktif, Gatot Pujo Nugroho. Tak hanya Ajib saja yang ditahan oleh KPK, sebanyak tiga tersangka lainnya berhasil diringkus dan akan disidang sesegera mungkin.

Setelah menahan Ajib, mantan ketua DPRD Sumut tahun 2009-2014, H. Saleh Bangun juga turut menjadi tersangka. Selain itu ada juga Wakil Ketua DPRD Sumut 2009-2014, Chaidir Ritonga dan Sigit Pramono Asri. KPK memang sudah lama melacak kasus ini, hingga akhirnya mendapat titik terang dan berhasil mengumpulkan bukti-bukti yang ada.

Saat ditanyakan oleh pihak media, keempat tersangka ini enggan untuk berkomentar, sekalinya ada yang berkomentar, yakni Ajib. Ia hanya menyuruh untuk menanyakan langsung ke penyidik. Sebab, banyak dari mereka lebih memilih untuk langsung masuk ke mobil tahanan.

Menyinggung mengenai masa penahanan. Keempat tersangka kasus suap mantan Gubernur Sumut ini akan ditahan selama 20 hari lamanya, informasi ini didapat dari Yuyuk Andriati selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Biro Humas KPK.



Gatot Pujo Nugroho
Kasus suap mantan Gubernur Sumatera Utara.

Para pejabat hukum yang terkena kasus suap ini nantinya akan diadili sesuai dengan pelanggaran yang mereka perbuat. Diketahui, mantan Gubernur Sumut melakukan suap kepada para anggota DPRD yang bermaksud untuk persetujuan laporan pertanggungjawaban Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) Sumut 2013-2014, persetujuan dalam perubahan APBD provinsi Sumut 2013 dan 2014, kemudian pengesahan APBD Sumut 2014 dan 2015 serta penolakan penggunaan hak interpelasi DPRD Sumut tahun 2015.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here