Pemilik Situs Toko Online Narkoba Divonis Penjara Seumur Hidup

0
343

Ross Ulbricht adalah seorang pemuda yang memiliki toko online illegal, lantas apa yang dijualnya?. Tokonya menjual macam – macam narkoba dan juga senjata. Tentu hal ini sangat dilarang dalam perundang – undangan IT yang berlaku.

Pria pemilik situs toko online bernama Silk Road ini memang sudah lama di intai oleh FBI. Silk Road mulai dijalankannya sejak tahun 2011 dan pada tahun 2013 situsnya telah diblok oleh FBI karena dapat membahayakan perkembangan IT. Namun, ia pun tidak merasa bersalah atas penutupan situsnya tersebut. Dipenghujung November 2013 ia pun meluncurkan Silk Road yang baru.

FBI pun gerah, karena Ross Ulbricht diduga melakukan pelanggaran yang memang disengaja dan sudah terjadi kedua kalinya, pada awal tahun 2015 pemuda ini pun ditangkap dan diadili di pengadilan Federal Amerika Serikat, di Manhattan. Pemuda ini didakwah dengan 7 tuntutan kejahatan online ia pun pantas untuk dijatuhkan penjara seumur hidup yang akan dijalankan 29 Mei mendatang. Beginilah tampilan dari situs Silk Road.

tampilan-silk-road



Berdasarkan dari data yang dibeberkan Jaksa penuntut. Selama masa operasi, Silk Road telah melakukan transaksi hingga mencapai US$ 200 juta ( dalam bentuk Bitcoin ) atau setara dengan Rp. 26.2 Triliun. Jaksa juga mengungkapkan bahwa pemilik Silk Road ini bertanggung jawab atas 6 kasus kematian pelanggannya yang terkena over dosis.

Ulbricht dikabarkan telah melayangkan surat banding terkait hukuman penjara seumur hidup. Dalam suratnya, Ulbricht mengatakan bahwa situsnya tersebut merupakan suatu kedisiplinan dan memudahkan pengawasan peredaran narkoba.

“Silk Road adalah gagasan yang mahal dan bermanfaat,” tulis Ulbricht dalam surat bandingnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here