Indonesia Terancam Perang Mata Uang Asing

0
1191

Keberadaan rupiah yang kian melemah dari hari ke hari membuat ekonomi Indonesia pun semakin terpuruk. Kini, penjajahan tidak hanya berupa perang saja seperti zaman dulu, namun penjajahan sekarang lebih secara diplomat. Salah satunya rupiah yang semakin melemah.

Tidak hanya mata uang Indonesia aja yang terancam perang dengan dollar. Sejak Bank Sentral Amerika Serikat atau The Fed berencana untuk menaikan suku bunga, dollar AS pun semakin menguat terhadap mata uang asing lainnya, salah satunya rupiah. Namun, penyebab rupiah melemah tidak hanya ini saja. Adapun beberapa penyebab yang membuat nilai rupiah seperti yang sudah dilansir pada berita ini.

Gubernur Bank Indonesia ( BI ), Agus Martowardojo mengatakan penguatan dollar AS menimbulkan perang mata uang asing antara satu negara dengan negara lainnya.

“Justru yang saya lihat, tiga tahun ke depan akan terus ada currency war karena kalau program peningkatan bunga berjalan berkala akan berdampak ke mata uang negara lain. Mata uang negara lain antara satu dengan lain akan menjaga posisi kompetitif mata uangnya, tentu perlu kami antisapasi,” ujarnya.



Agus mengkhawatirkan, nantinya negara akan berlomba – lomba membuat nilai tukarnya menjadi lebih kompetitif. Bila ini terjadi, maka akan menyulitkan negara – negara berkembang seperti Indonesia. Karena, hanya inflasilah yang akan terjadi.

Komentar