Penyebab Rupiah Semakin Melemah

0
716

Melemahnya nilai rupiah tentu akan meresahkan masyarakat Indonesia, karena semua barang impor akan ikut naik. Lantas apa penyebab rupiah semakin melemah?. Mungkin ini yang jadi pertanyaan bagi masyarakat. Seperti yang kita ketahui, rupiah akan kian melemah bila tidak dicegah oleh pemerintah dan bank BI, mungkin krisis moneter seperti tahun 1998 akan terulang kembali.

Agus Tony Poputra Staf Pengajar Universitas Sam Ratulangi mengatakan pelemahan rupiah sebenarnya memberikan keuntungan bagi Indonesia, mengapa demikian?. Karena masyarakat Indonesia dapat meningkatkan komoditi ekspor. Namun, sayangnya tingkat impor pada negara Indonesia lebih tinggi dari pada ekspornya.

Ada lima faktor yang membuat rupiah semakin melemah menurut Agus.

  1. Kurangnya usaha serius dari pemerintah untuk mendorong barang substitusi impor. Akibatnya, impor semakin tinggi dan rupiah semakin melemah.
  2. Kurang cekatannya dalam menerapkan kebijakan hilirisasi, terutama pada sektor pertambangan. Hal ini membuat sumber daya alam terdeplesi luar biasa dan nilai tambah domestik semakin mengecil.
  3. Lebih dari 20 tahun pemerintah tidak serius dalam memperhatikan terhadap kebijakan lokal konten. Akibatnya nilai impor bahan baku kian meningkat seiring bertambahnya permintaan produk untuk pasar domestik maupun ekspor.
  4. Masyarakat yang lebih sering mengkonsumsi barang impor ketimbang lokal, tentu hal ini membuat barang impor semakin meningkat karena permintaan yang banyak dari masyarakat.
  5. Penerapan kebijakan devisa yang terlalu bebas, akibatnya pergerakan devisa sulit untuk dikendalikan hingga rupiah pun pada akhirnya dapat dimainkan.

Pemerintah harus segera mengambil langkah cepat dalam menangani rupiah yang semakin melemah. Bila dibiarkan berkepanjangan akan menjadi petaka untuk negara Indonesia. Hingga saat ini saja, kurs rupiah sudah menginjak pada Rp. 13.325 / US$.



Komentar