Google Doodle Hari Ini Rayakan Ultah George Boole, Siapakah Dia?

0
221
George Boole

Google Doodle memang selalu merayakan suatu hal yang penting dalam perkembangan dunia ini, pada hari ini ( 11/2/2015 ). Doodle turut merayakan ulang tahun George Boole yang ke-200.  Boole merupakan seorang matematikawan yang sangat berjasa terhadap perkembangan Matematika Kalkulus.

Bila kita sedang membuka google. Maka kita akan melihat sebuah simbol “X, Y, NOT, OR, AND atau XOR”. Nah itu dia merupakan ilmu dasar kalkulus yang ditemukan oleh seorang George Boole. Beberapa memang belum mengenal pasti mengenai bapak kalkulus ini, untuk itu Google Doodle turut memperingati hari ulang tahunnya.

Berdasarkan sejarah Boole, ia merupakan seorang yang sangat pintar dengan kecerdasan yang istimewa, ia juga menuliskan sejumlah buku Matematika yang sangat membantu dalam perkembangan ilmu hitung-hitungan ini.

Bagi sebagian orang, mendengar kalkulus memang sudah mengerikan, tak heran bila sedikit orang yang suka dengan ilmu ini. Bercerita tentang George Boole, ternyata ia adalah salah satu penggemar Matematika Kalkulus sejak usianya masih belia, tak hanya kalkulus saja, beberapa pengetahuan seputar Matematika juga sangat digemari sekali.



Potret George Boole
Beginilah penampilan sang penemu matematika kalkulus ini.

Menyinggung mengenai penemuan Boole, ia ternyata telah menemukan apa yang dinamakan Postulat, dimana ini dilambangkan dengan istilah K+X. Yang mana ilmu ini terus dikembangkan olehnya hingga memperoleh beberapa pemahaman dan menjadi 10 postulat yang dapat dikategorikan.

I a. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka a + b masuk himpunan K
I b. Apabila ada a dan b berada dalam himpunan K, maka ab masuk himpunan K
II a. Terdapat elemen Z sehingga a + Z = a berlaku untuk setiap elemen a.
II b. Terdapat elemen U sehingga aU = a berlaku untuk setiap elemen a.
III a. a + b = b +a
III b. ab = ba
IV a. a + bc = (a + b)(a+ c)
IV b. a(b + c) = ab + ac
V. Untuk setiap elemen a terdapat elemen a’ sehingga a + a’ = U dan aa’ = Z
VI. Terdapat minimal dua elemen berbeda dalam kelompok K

Nah, itu dia pemikiran George Boole dalam mengembangkan Matematika. Ia memang sangat berjasa sekali, bila tak ada dirinya mungkin tak ada kalkulus hingga saat ini. Jadi, sudah sepantasnya Google Doodle merayakan hari ulang tahun George Boole.

Komentar