Masyarakat Harus Peka Terhadap Korban Kejahatan

0
447

Terjadinya kasus pembunuhan Angeline ini membuat Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban mengajak sejumlah masyarakat untuk peka dan peduli terhadap korban kejahatan. Seperti halnya yang ada pada malam 1000 lilin di bundaran HI, dimana ini menjadi rasa peduli masyarakat terhadap Angeline.

“Gerakan seperti ini sangat dibutuhkan oleh korban kejahatan. Setidaknya memberikan rasa tenang kepada korban dan keluarganya bahwa mereka tidak sendiri,” ucap Ketua LPSK Abdul Haris Semendawai dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6/2015).

Masyarakat hanya perlu peka, bila menemukan suatu kejahatan. Segeralah untuk melapor kepada pihak yang berwajib, karena masyarakatlah yang lebih banyak memiliki peran dalam memberantas kejahatan semacam ini. Bila menemukan hal seperti ini, lapor kepada aparat penegak hukum dan amankan anak yang mengalami hal tersebut.

Semendawai berharap agar gerakan ini dapat diterapkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tanpa adanya bantuan dari masyarakat maka akan sulit bila menemukan kasus seperti ini, karena kasus seperti ini biasanya tertutup dan sulit untuk diketahui. Kecuali dari masyarakat yang tinggal di lingkungan tersebut.



LPSK yakin, bila masyarakat saling bersinergi satu sama lain. Maka korban kejahatan pun akan terlindungi dari ancaman – ancaman yang tidak diinginkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here