Berita Upah Buruh Naik Sedikit Didukung Masyarakat

0
165

Awang Faroek Ishak selaku Gubernur Kalimantan Timur menetapkan Upah Minimum Provinsi (UMP) 2016 sebesar Rp. 2,1 jt. Hal tersebut ditentukan setelah rapat dengan Dewan Pengupahan pada Hari Jum’at 30 Oktober. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Kalimantan Timur Nomor 561/K.694/2015.

Kenaikan upah buruh Kalimantan Timur sebesar Rp. 135 rb. Kondisi ekonomi saat ini merupakan salah satu faktor yang membuat upah buruh menaik.

Menurut Awang, hal yang membuat Kalimantan Timur mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi adalah krisis global. Hal ini karena pengusaha di Kalimantan Timur masih bergantung pada sumber daya alam (SDA). Hal ini juga yang membuat 663 perusahaan di sana menerapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Banyak perusahaan yang menerapkan PHK karena kemajuan ekonomi Kalimantan Timur hanya sebesar 1,5 persen tahun ini. Sementara per September kemarin, kenaikan mencapai 7,33 persen.



Keputusan ini tidak sejalan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 yang berisi tentang Pengupahan. Peraturan tersebut menghapus fungsi Dewan Pengupahan untuk merekomendasikan pengupahan minimum berdasarkan KHL. Saya langsung telepon pak menteri untuk menyetujui agar UMP segera ditetapkan. Saya bilang kita harus segera keluarkan keputusan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here