Perjuangan Pak Raden Demi Mendapatkan Kembali Hak Ciptanya Hingga Tutup Usia

0
107
Pak Raden tutup usia

Siapa yang tak kenal dengan program acara anak-anak yang terkenal pada masanya, yaitu ‘Si Unyil’. Tak lengkap rasanya jika tak mendengar nama Pak Raden yang menjelama sebagai tokoh serta pembuat tokoh-tokoh dalam acara tersebut. Namun, dibalik kesuksesan program acara anak-anak yang beliau buat tak semulus dengan kehidupan nyatanya. Mengapa?

Salah satu seniman senior yang biasa dipanggil dengan sebutan Pak Raden ini sempat mengajukan protes kepada Perusahaan Umum Produksi Film Negara (PPFN) yang isinya menuntut hak royalti atas tokoh ‘Si Unyil’ yang merupakan hasil ciptaannya sendiri.

Pak Raden dan tokoh Si Unyil
Pak Raden berusaha memperjuangkan kembali hak ciptanya

Kasusnya berawal dari saat adanya kontrak antara Pak Raden dengan pihak PPFN pada tahun 1994. Pada tanggal 14 Desember 1994 lah Pak Raden menyerahkan hak cipta ‘Si Unyil’ kepada pihak PPFN yang kemudian menyepakati keberlakuan tokoh ‘Si Unyil’  hingga 5 tahun kedepan berdasarkan isi kontrak tersebut.

Namun, adanya kesalah pahaman sehingga pihak PPFN beranggapan bahwa hak cipta tokoh ‘Si Unyil’ diakui sepenuhnya milik PPFN yang padahal karya murni dari Pak Raden.



Pak Raden di akhir hidupnya
nasib berkata lain, Pak Raden menghembuskan nafasnya pada usia 82 tahun

Sejak saat itulah, Pak Raden berjuang demi mendapatkan kembali hak ciptanya walaupun dengan cara mengamen dan tak mempedulikan kesehatan Pak Raden yang kian hari kian memburuk. Perjuangan tersebut ia lakukan hingga di akhir hayatnya.

 

Komentar