Benarkah Orang Tua Angkat Angeline Menyalahi Proses Adopsi?

0
495
Pembunuhan Angeline
Angeline malang ini mendapat perlakuan tidak bermoral dari ibu angkatnya.

Proses adopsi memang tidak bisa sembarangan, banyak publik yang bertanya terkait proses adopsi yang dilakukan oleh orang tua angkat Angeline. Apakah proses adopsi orang tua angkat Angeline benar?. Apakah orang tua angkat Angeline memiliki badan hukum yang kuat dalam melakukan adopsi?.

Inilah tanggapan dari Mensos Khalifah Indar Parawansa, ia mengatakan bahwa proses adopsi yang dilakukan oleh orang tua Angeline salah, karena proses adopsi tidak diketahui oleh kementrian, melainkan hanya melalui proses notaris saja.

“Seharusnya proses adopsi itu melalui Kementerian Sosial, sebelum akhirnya ditetapkan oleh pengadilan. Dengan demikian, Kementerian Sosial bisa melakukan tahapan kunjungan terhadap kelayakan calon orangtua angkat,” ujar dia saat di Surabaya, Kamis (11/6/2015).

Dia juga menambahkan, dalam kasus Angeline ini terdapat kesalahan. Seharusnya orang tua angkat tidak begitu saja dilepas setelah mendapatkan anak yang akan diadopsinya, tapi harus melewati tahap percobaan yang dilakukan selama 6 bulan. Pihak kementrian harus mengetahui bagaimana cara orang tua angkat memperlakukan anak yang diadopsinya dan apakah layak untuk diteruskan, diman semua ini akan dipantau oleh Kementrian Sosial.



“Kini, Kemensos juga telah bekerja sama dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan legalitas proses adopsi. Ke depan, Kemensos akan memperketat proses dan pengawasan adopsi,” ucap dia.

Kedepannya, proses adopsi juga akan diperketat sehingga tidak akan menimbulkan kesalahan adopsi seperti yang terjadi pada Angeline.

Komentar