Heboh, Gunung Barujari di Lombok NTB Meletus

0
788
Gunung Barujari Meletus

Meletusnya Gunung Barujari di Lombok NTB yang merupakan anak gunung dari Gunung Rinjani memang menghebohkan masyarakat setempat. Diketahui, gunung ini meletus sekitar pukul 10.45 WITA. Para pendaki pun segera dievakuasi dari letusan tersebut, ditakutkan letusan akan semakin membesar.

Kejadian berawal dari asap dan debu yang keluar dari Gunung Barujari. Langsung Kepala Resort Taman Nasional Gunung Rinjani ( TNGR ), Zulfahri memberikan sinyal bahwa Gunung Barujari dalam positif akan meletus, sontak pihaknya langsung menuju ke pendakian guna menyelamatkan para pendaki yang berada diatas.

Letusan saat ini memang masih dalam skala kecil, tetapi ini sudah menjadi sebuah tanda yang wajib untuk diwaspadai. Ditanyakan mengenai berapa jumlah pendaki yang berada disana. Zulfahri belum tau pastinya, yang terpenting adalah melakukan evakuasi secepat mungkin.

“Ada 4 anggota tim dari TNGR yang masih berada di atas untuk melakukan evakuasi para pendaki, saya belum tahu pasti berapa jumlah pendaki yang terdaftar, yang jelas semua ada datanya,” ujar dia.



Ia menuturkan bahwa, proses evakuasi dilakukan melalui jalur pendakian Torean, Kabupaten Lombok Utara. Sebab, jalur tersebut lebih aman dari asap dan debu letusan Gunung Barujari. Ia juga menegaskan kalau aktifitas pendakian ditutup sementara.

Kabar Gunung Barujari Meletus ini memang menghebohkan masyarakat setempat, sebelumnya gunung ini juga pernah meletus pada 2 Mei 2009, akibatnya, 31 orang menjadi korban tewas karena banjir bandang akibat letusan.

Komentar