Ratu Denmark: Sri Sultan Adalah Sosok Pelestari Budaya yang Hebat

0
407
Ratu Denmark dan Sri Sultan

Kunjungan ke Yogyakarta, tak lupa untuk mampir ke Keraton Yogyakarta, tempat Raja Sri Sultan Hamengkubuwono X. Dalam kunjungan ini, ternyata sang ratu terkesima dengan Sri Sultan, yang mana ia melihat bahwa pria tersebut merupakan sosok pelestari budaya yang hebat dan sudah sepantasnya Indonesia berbangga.

Saat kunjungan ke Keraton, Ratu Denmark dijamu dengan makan siang bersama di Keraton. Usai makan siang, mereka pun berbincang bersama. Dalam perbincangan tersebut Margarethe melihat Raja Keraton, Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengkubuwono X merupakan sosok yang hebat. Ia merupakan pelestari budaya yang sangat dibutuhkan oleh negara Indonesia.

Ratu Denmark di Keraton Yogyakarta
Suasana saat Ratu Denmark mengunjungi Keraton Yogyakarta.

“Terimakasih kepada Sri Sultan karena sudah menerima saya. Saya senang bisa bertemu dengan beliau. Sri Sultan orang yang hebat, keluarganya juga hebat. Dalam posisinya saat ini, beliau masih terus melestarikan dan mempertahankan tradisi,” tutur Ratu Denmark Margrethe II saat jumpa pers di Kompleks Candi Prambanan, Sabtu 24, Oktober 2015 sore.

Hal lain yang membuat terkesan selain berkunjung ke Keraton Yogyakarta adalah masyarakat disana yang sangat ramah. Tak heran bila banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke Yogyakarta. Ia juga menuturkan, nantinya akan dijalin kerjasama dalam bidang Budaya antara Denmark-Indonesia.



“Saya juga ingin mengatakan, sangat tertarik dan besar kemungkinan akan adanya kerjasama terkait kebudayaan,” ujar dia.

Ia juga menginginkan agar orang Indonesia mengajar batik di Denmark. Kekagumannya kepada batik memang sudah tidak terukur lagi.

“Saya ingin suatu saat ada orang Indonesia datang ke Denmark, mengajarkan orang-orang Denmark membatik. Meski nanti hasilnya tidak sebagus karya orang-orang Indonesia,” pungkas Ratu Margrethe.

Usai kunjungan keraton Yogyakarta untuk menemui Sri Sultan, Ratu Denmark akan melanjutkannya ke Candi Borobudur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here