Penyebab Kebakaran di Gunung Semeru Berawal Dari Api Unggun

0
210
Penyebab Kebakaran Gunung Semeru

Kebakaran yang terjadi di Gunung Semeru memang menjadi salah satu bencana yang terjadi di Indonesia saat ini. Beberapa pendaki juga menjadi korban dalam korban kebakaran di Gunung Semeru ini. Setelah ditelusuri, ternyata kebakaran ini terjadi dari para pendaki yang tidak bertanggung jawab. Dimana mereka menyalakan api unggun dan tidak mematikannya.

Hal ini memang sudah diingatkan beberapa kali oleh pengurus Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ( TNBTS ). Para pendaki yang seharusnya dapat menjaga ekosistem lingkungan, malah merusak ekosistem tersebut. Memang hal yang sulit dipercaya, hanya karena api unggun, telah menyebabkan kebakaran hingga seluas 25 hektare ini.

Gunung Semeru
Beginilah keindahan Gunung Semeru, mari kita lestarikan keindahannya.

Namun, dari penjelasan Ayu Dewi selaku Kepala Balai Besar TNBTS mengatakan hal ini juga dipicu keringnya tanaman di sekitar Gunung Semeru, akibat musim kemarau yang berkepanjangan, karena adanya pemicu api dari api unggun tersebut. Maka terjadilah kebakaran hutan. Padahal, pihaknya sudah menghimbau para pendaki untuk membaca peraturan pendakian. Tetapi tetap saja mereka abaikan.

“Setiap pendaki yang akan melakukan pendakian seharusnya membaca peraturan pendakian yang merupakan rambu-rambu yang harus diikuti oleh pengunjung saat berada di dalam kawasan. Bahkan sanksi tegas akan dikenakan bila melanggar peraturan pendakian itu,” tutur Ayu.



Data dari TNBTS juga menjelaskan mengenai kebakaran hutan di Gunung Semeru ini. Hampir 90 persen kebakaran hutan yang terjadi, disebabkan oleh manusia sendiri, bukanlah dari faktor alam. Jadi sudah sepatutnya, para pendaki sadar betapa pentingnya ekosistem alam guna menjaga flora dan fauna yang berada disana.

Komentar