Pemerintah Akan Bantu Kredit Usaha Rakyat Untuk Pedagang Kaki Lima

0
508
Kredit Usaha Rakyat

Kendala ekonomi di Indonesia memang menjadi masalah yang cukup besar bagi masyarakat. Namun, dalam rangka menguatkan perekonomian di Indonesia. Pemerintah akan membantu para pedagang kaki lima untuk mendapatkan Kredit Usaha Rakyat ( KUR ), agar dapat mengembangkan usaha mereka dan menjadi seorang pengusaha handal. Mencari modal untuk usaha anda, tentunya sudah tidak sulit dimasa mendatang.

Melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang, telah menerbitkan sertifikat Hak Guna Bangunan ( HGB ) yang mana para pedagang kaki lima menjadi target dalam pemberian kredit usaha rakyat ini. Sebab, para PKL memang mengalami kesulitan ketika ingin meminjam dengan bank. Untuk itu, pemerintahlah yang menjadi wadah bagi mereka yang ingin mengembangkan usahanya.

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Ferry Mursyidan mengatakan mekanisme para PKL untuk mendapatkan kredit usaha rakyat ini. Nantinya pemerintah akan menyiapkan lahan yang menjadi milik para PKL untuk ditempati dan diberikan HGB kepada mereka. Nantinya, HGB ini dapat digunakan oleh mereka untuk meminjam uang sebagai modal usaha.

Kredit Untuk Pedagang Kaki Lima
Tak perlu repot cari modal, pemerintah yang akan bantu.

“Sertifikat ini bisa diagunkan untuk dapat pinjaman. Jumlahnya mungkin tidak besar, paling Rp 10 juta-Rp 50 juta karena mereka juga tidak akan berlebih dengan kios 4×5 meter. Pengembalian (kredit) itu harian, kan pendapatan mereka bukan bulanan. Biasanya untuk tukang mie goreng, nasi goreng dan lainnya,” tuturnya.



Para PKL ini nantinya akan membayar cicilan setiap harinya, karena pendapatan mereka memang tak menentu hari-harinya. Bila dibuat bulanan ada kemungkinan akan memberatkan para PKL ini.

Ia mengaku kalau saat ini sudah berkoordinasi dengan Pemda, Otoritas Jasa Keuangan ( OJK ) dan Bank Indonesia ( BI ) supaya program ini dapat berjalan dengan lancar. Besar harapan pemerintah kepada seluruh instansi masyarakat untuk memperkuat perekonomian negara. Tak hanya para pengusaha kelas atas dan UKM saja. Para PKL pun turut memiliki andil dalam perekonomian negara. Semoga rencana ini dapat berjalan dengan lancar, agar perekonomian Indonesia dapat semakin menguat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here