Berkunjung ke Indonesia, Ratu Denmark Tertarik dengan Batik

0
167
Ratu Denmark Margarethe II

Kunjungan Ratu Denmark, Margarethe II ke Indonesia atas undangan dari Presiden RI, Joko Widodo ternyata memiliki keunikan tersendiri, ketika Ratu Denmark ini berkunjung ke daerah Yogyakarta, ternyata ia sangat menyukai batik disana.

Satu hal yang membuat Ratu Denmark ini menyukai batik adalah karena kekhasan pakaian tersebut, terlebih pakaian tersebut merupakan warisan budaya yang tentunya patut untuk dipertahankan. Ratu memang suka akan budaya-budaya dari Jawa.

“Ratu menyukai budaya jawa yang mempunyai kekhasan dalam hal ini batik. Bahkan, katanya, Ratu hanya bepergian satu atau dua kali ke luar negeri setiap tahunnya. Kali ini, bertepatan dengan 65 tahun hubungan diplomatik  Denmark-Indonesia, Ratu memutuskan untuk mengunjungi Indonesia,” kata Kepala BBKB Yogyakarta, Zulmalizar, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Sabtu (24/10/2015).

Bahkan, dalam kunjungannya ke Yogyakarta. Ratu juga berdiskusi dengan para pengrajin batik. Menurutnya, batik patut untuk terus dibudayakan. Selain itu, diselenggarakan juga Workshop Batik dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional IV.



Ratu Denmark
Ternyata Ratu denmark memiliki ketertarikan sendiri dalam busana batik.

Batik memang sangat berpotensi sekali, menurut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri ( BPPI ), Haris Munandar mengatakan kalau para inovator dalam perkembangan budaya batik ini sangat dibutuhkan. Hal ini guna memajukan nilai budaya batik, baik dalam negeri maupun luar negeri.

“Hasil litbang BBKB harus dapat diterapkan di industri dan mampu memecahkan permasalahan teknis yang dihadapi oleh industri sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas produk batik,” ungkap Haris.

Tak disangka kalau Ratu Denmark ternyata seorang penggemar batik. Sudah sepantasnya kita berbangga terhadap produk dalam negeri. Orang yang berasal dari luar Indonesia saja banyak yang memuja keragaman budaya di negara ini.

Komentar