Permintaan Tambahan Dana Aspirasi DPR Ditolak JK

0
241

Dana aspirasi tambahan yang diajukan oleh DPR dalam APBN 2016 ini ditolak mentah – mentah oleh JK pemilik nama dari Jusuf Kalla ini. JK mengatakan bahwa permintaan tersebut tidak rasional, karena meminta dana tambahan sebesar 20 miliar per anggota.

“Harusnya seperti itu (tidak perlu tambah dana aspirasi). Sekarang ada tidak APBN yang diluar aspirasi DPR, yang Rp 2 ribu triliun itu? Semua kan dibicarakan,” ucap JK, di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Menurutnya, setiap tahun pemerintah bersama dengan DPR sudah menentukan APBN berdasarkan kriteria yang jelas. Sehingga tidak memerlukan lagi tambahan anggaran APBN.

“Tentu anggaran ada kriteriannya, seperti untuk pembangunan. Aspirasi itu dimasukkan ke proyek yang ada. Misalnya aspirasinya bikin jalan tunjuklah dimana jalan yang baik itu. Kalau daerah pertanian, perjuangkan agar ada pusat penelitian pertanian ditempat itu,” jelas dia.



Jika DPR tetap kekeh dalam meminta tambahan anggaran dana aspirasi ini, JK mengkhawatirkan nantinya akan menjadi permainan juga oleh sejumlah aparatur daerah. Anggaran dana aspirasi ini sudah ditentukan dalam perundang – undangan dan tidak akan meleset, bahkan sudah lebih.

 

Komentar