Tanggapan BEI Soal Melemahnya Nilai Rupiah

0
517

Melemahnya nilai rupiah terhadap dollar AS tentu sangat merugikan banyak pihak dan membuat perekonomian Indonesia semakin lumpuh. Melemahnya nilai rupiah ini dikarenakan faktor eksternal, tapi ada juga faktor lain yang membuat nilai rupiah semakin jatuh.

Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia ( BEI ), Warsito mengungkapkan faktor eksternal yang membuat nilai rupiah ini melemah dikarenakan kenaikan suku bunga bank sentral AS. Rencana kenaikan suku bunga tersebut tentu membuat dana investasi yang dialirkan ke Indonesia ikut mengalami kenaikan dan tentu menguntungkan pihak Amerika, dimana jumlah investasinya pun ikut meningkat.

“Selain itu rupiah melemah karena permintaan dolar AS yang tinggi karena impor kita tinggi. Impor itu mempunyai kewajiban pembayaran barang dari luar negeri menggunakan valuta asing,” kata dia, di Jakarta, Rabu (10/6/2015).

Adapun faktor lainnya yang membuat nilai rupiah melemah, yaitu permintaan dollar yang sangat tinggi untuk melakukan pembayaran hutang. Tingginya permintaan dollar ini juga disebabkan oleh banyaknya emiten yang menunaikan pembayaran.



“Bulan ini Juni atau Juli masih pembagian dividen dari emiten, buat investor global harus ditukar dollar AS. Itu meningkatkan demand mata uang asing,” paparnya.

Pemerintah pun diharapkan untuk cepat tanggap melakukan langkah penurunan US dollar terhadap IDR. Bila, tidak cepat tanggap, maka kondisi rupiah pun akan semakin terpuruk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here