Timika Tertutup Kabut Asap, Jarak Pandang Hanya 50 Meter Saja

0
231
Kabut Asap di Timika

Timika sedang mengalami bencana tertutup kabut asap, hal ini menyebabkan jarak pandang di Timika hanya berkisar 50-100 meter saja. Hal ini memang cukup mengganggu masyarakat sekitar, tak jauh berbeda dengan Riau yang sama tertutup oleh kabut asap pekat.

“Yang paling parah itu di Timika karena dia lokasi terdekat dengan Pulau Yos Sudarso. Jarak pandang di Timika hanya berkisar 50-100 meter,” ungkap Didi Agus Prihatno selaku Kepala BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah ) Provinsi Papua.

Berdasarkan hasil riset, kabut asap yang menutupi Timika berasal dari kebakaran hutan di Pulau Yos Sudarso dan Merauke, musim kemarau memang menyebabkan beberapa titik panas meningkat, sehingga tak heran bila banyak yang mengalami kebakaran. Ada dugaan juga, kebakaran ini berasal dari kebiasaan masyarakat Timika yang membakar ilalang-ilalang.

Hal yang paling fatal musibah ini adalah bandara di Timika terpaksa harus ditutup. Beberapa penerbangan pun sempat dihentikan sementara, sebab sangat sulit bagi pesawat untuk dapat melakukan penerbangan dalam jarak pandang yang sangat minim.



Timika Tertutup Kabut Asap
Jarak pandang di Timika hanya berkisar 50-100 meter.

BPBD Papua masih terus berkoordinasi dengan pihak yang terkait guna menghentikan kabut asap ini, selain itu aktifitas pemadaman api di titik-titik panas di Timika juga sudah dilakukan, hanya tinggal berupaya saja dan menunggu hasilnya.

 

Komentar