Inilah Bahaya Kegemukan pada Anak yang Harus Dihindari

0
396
Kegemukkan Pada Anak

Anak yang bertubuh gemuk memang terlihat lucu dan sangat menggemaskan. Rasanya ingin mencium atau mencubit karena gemas. Meskipun demikian sebenarnya ada resiko dibalik tubuh gemuk sang anak. Apalagi kalau anak sudah masuk dalam tahap kegemukan atau obesitas. Berbagai macam resiko penyakit bisa saja menyerang.

Masalah obesitas pada anak harus diberikan perhatian khusus. Pola makan yang salah dan banyaknya mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, banyak lemak dan sedikit serat menjadi pemicu terjadinya obesitas. Selain itu faktor faktor lain seperti keturunan, kurangnya berolahraga, dan obat-obatan juga bisa mempengaruhi kegemukan. Karena itulah jumlah penderita obesitas pada anak semakin lama semakin meningkat. Hal ini berarti anak akan lebih rentan terhadap berbagai macam penyakit.

Obesitas pada anak
Ini dia bahaya obesitas pada anak.

Begitu banyak dampak buruk yang bisa disebabkan oleh obesitas terhadap buah hati yang orang tua harus ketahui antara lain:

Penimbunan Lemak



Anak yang mengalami kegemukan akan terbiasa makan dalam jumlah porsi yang besar. Hal ini akan berpotensi timbulnya penimbunan lemak hingga dewasa.

Gangguan pernafasan

Obesitas juga bisa menyebabkan gangguan pada pernafasan, anak akan mudah merasa lelah dan mendengkur saat tidur.

Rentan terhadap penyakit diabetes

Obesitas bisa mengganggu kinerja pankreas yang memproduksi insulin. Insulin digunakan untuk mempertahankan kadar gula dalam darah dengan tepat, mengubahnya menjadi energi ataupun disimpan sebagai cadangan energi.

Meningkatkan resiko penyakit jantung

Penyakit jantung bisa diawali dengan tingginya kolesterol dalam darah dan tekanan darah tinggi, hal ini sangat mungkin terjadi pada anak yang memiliki kelebihan berat badan. Kolesterol dan darah tinggi akan membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya.

Masalah pada sendi dan tulang

Lemak yang menumpuk akan memberikan dampak susahnya tubuh membawa beban berat badan sehingga tulang dan sendi akan menjadi tegang.

Memberikan dampak yang psikologis yang tidak baik

Anak yang memiliki berat badan yang berlebihan akan menjadi kurang percaya diri. Mereka menjadi minder sehingga kurang bersosialisasi.

Lalu apa pencegahan yang harus dilakukan orang tua agar anak terhindar dari berat badan yang berlebihan? Sebagai orang tua sebaiknya mengatur pola makan anak agar seimbang, selain itu lakukanlah saran-saran sebagai berikut:

Komentar