Pendaki yang Terjebak di Kebakaran Gunung Lawu Berhasil Dievakuasi

0
665
Korban Kebakaran Gunung Lawu

Aktifitas mendaki memang terbilang cukup berbahaya, karena kita tidak pernah tahu bagaimana kondisi gunung yang akan kita daki. Ternyata hal ini menimpa salah seorang pendaki yang terjebak akibat kebakaran di Gunung Lawu. Pria bernama Eko Nurhadi ( 45 ) yang berasal dari Ngawi berhasil dievakuasi dari kebakaran yang melanda Gunung Lawu.

Humas Basarnas Semarang, Zulhawary Agustianto mengatakan, saat ditemukan korban mengalami luka bakar yang cukup parah, hampir mencapai 50 persen.

Eko Nurhadi Korban Gunung Lawu
Pendaki Eko Nurhadi berhasil diselamatkan oleh tim SAR.

“Survivor bisa turun setelah minta tolong pada rekan pendaki lain bernama Maisuri Salim yang sedang naik. Setelah sampai di pos, survivor kita bawa ke rumah sakit di Magetan untuk diberi tindakan lebih lanjut,” kata Zulhawary, Minggu (18/10/2015).

Tim Basarnas menduga masih ada survivor-survivor lain yang terjebak di pos II dan III. Karena kebakaran yang melanda Gunung Lawu ini cukup luas, berada diantara Pos II dan III. Gunung Lawu yang berada di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah ini diketahui terbakar sejak 23 Agustus lalu, api yang cepat membesar menyulitkan untuk dilakukan pemadaman.



“Awalnya ada 6 titik api yang membakar semak belukar dan hutan di petak 63F dan 63G yang kemudian menyebar ke petak 63H dan 63U,” tutur Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Rabu 26 Agustus lalu.

Sulitnya pemadaman api juga dikarenakan jarak tempuh yang tidak dekat. Tim SAR gabungan harus berjalan selama 3-4 jam lamanya untuk mencapai lokasi kebakaran, oleh karena itulah sangat sulit untuk menghadapi situasi ini. Tetapi tim SAR akan terus berusaha untuk menyelamatkan korban-korban lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here