Siapakah Pengganti Moeldoko?

0
422

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko akan segera melepaskan jabatannya lantaran usianya yang memasuki pensiun. Namun, hingga saat ini pun masih belum diketahui siapa pengganti dari panglima TNI ini. Hal ini pun masih menjadi misteri, karena nantinya pemimpin TNI yang baru bukan berdasarkan tradisi yang berlaku selama ini. Jabatan TNI akan diberikan secara bergilir kepada 3 instansi, yaitu angkatan darat, angkatan udara dan angkatan laut.

Jokowi hingga saat ini pun belum menyatakan panglima bintang 4 mana yang akan mengisi jabatan tersebut, ia mengatakan masih dalam proses pencarian.

“Ini masih dalam proses,” ujar Jokowi di sebuah rumah makan di kawasan Sunter, Jakarta Utara, Senin ( 8/6/2015 )

Pemilihan panglima TNI ini memang menjadi tanggung jawab presiden RI ini sepenuhnya, masalah rotasi giliran yang ada pada tradisi sebelumnya itu tidaklah diatur. Hal tersebut bergantung pada kebutuhan politik pertahanan dan presiden.



Menteri Koordinator Politik Hukum dan Pertahanan Tedjo Edhy Purdjiatno mengatakan ketiga instansi ini memiliki peluang yang sama untuk dapat menduduki sebagai panglima TNI.

“Panglima ini kan pensiun 19 Juli. Tapi aturan di TNI, dia akan masuk 1 bulan berikutnya. Kemudian dalam aturan tak tertulis ada rotasi, darat, laut, darat, udara, karena darat banyak, tetapi itu bukan harga mati, semuanya tergantung kewenangan presiden. Kalau lihat kemampuan, tiga-tiganya sama saja,” ujar Tedjo di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat ( 5/6/2015 ).

Tedjo juga menerangkan, proses pemilihan TNI nanti. Mabes TNI lah yang akan mengusulkan nama calon panglima TNI, yang kemudian akan dipilih oleh Jokowi. Saat ini pun belum ada mantan kepala staf yang masih menjadi perwira tinggi aktif. Maka, 3 kepala staf saat ini mungkin akan dicalonkan sebagai panglima TNI. Lantas siapakah yang akan terpilih?.

Komentar