Perayaan Hari Pangan Sedunia, Kehidupan Petani Indonesia Masih Tidak Layak

0
537
Hari Pangan Sedunia

Hari pangan sedunia yang ke-35 dirayakan pada hari ini ( 16/10/2015 ). Hari yang dirilis oleh organisasi PBB ini, FAO ( Food Agriculture Organisation ) didukung oleh banyak negara. Sayangnya, nasib para petani memang belum seberuntung seperti hari perayaan ini.

Tema perayaan hari pangan tahun ini adalah “Pemberdayaan Petani Sebagai Penggerak Ekonomi Menuju Kedaulatan Pangan”. Besar harapan PBB agar setiap negara dapat menjadi penghasil pangan yang berlimpah, perlu diketahui juga, tanpa adanya para petani. Sebuah negara tak akan bisa mendapatkan kebutuhan pangan yang tercukupi.

Sayangnya, banyak petani di tanah air ini yang memang tidak se-beruntung para petani yang berada di negara maju. Rata-rata petani di negara Indonesia mengalami keterbatasan fasilitas, pendidikan dan biaya operasional yang memadai.

Petani Indonesia
Kehidupan petani Indonesia masih tidak layak di hari pangan sedunia yang ke-35 ini.

Memang lahan pertanian di Indonesia masih sangat luas, terutama lahan yang berada di luar pulau jawa. Tetapi sangat disayangkan lahan tersebut tidak dapat dikelola dengan baik oleh para petani. Mereka kesulitan untuk mengelola lahan tersebut agar menjadi lebih efektif dan efisien.



Sampai saat ini, petani Indonesia memang terbilang cukup mengenaskan. Mereka memiliki peran penting tetapi tidak mendapatkan hal yang setimpal dari hasil kerja keras mereka. Publik pun banyak yang membuat hashtag hari pangan ini di sosial media, dengan harapan pemerintah dapat memajukan sektor agrikultur tanah air dan memberikan kehidupan yang layak bagi mereka yang menjadi petani.

Komentar