Pembakaran Gereja di Aceh Singkil, Apa Penyebabnya?

0
3415
Gereja Dibakar

Pembakaran yang terjadi pada sebuah gereja membuat Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) angkat bicara. Pasalnya, MUI sangat menyesalkan dengan peristiwa yang terjadi ini. Sampai saat ini penyebab dari pembakaran tempat ibadah di Desa Sukamakmur, Kecamatan Gunung Meriah, Kabupaten Aceh Singkil, Selasa lalu ( 13/10/2015 ) ini pun masih terus ditelusuri.

Dari hal yang disampaikan oleh Ketua MUI Bidang Kerukunan Antar Umat Beragama, Yusnar Yusuf. Ada oknum yang sengaja membakar guna membuat panas umat beragama, hal ini juga dapat memicu keributan antar pemeluk agama.

Gereja di Aceh Singkil
Gereja yang berada di Aceh Singkil ini dibakar karena massa menolak adanya gereja di area tempat tinggal mereka.

MUI mendesak aparat berwajib untuk segera menangani kasus ini sebelum banyak umat beragama kristen yang salah persepsi, sebab kejadian seperti ini memang biasanya disengaja oleh oknum-oknum tertentu untuk memecah belah umat beragama yang ada di Indonesia.

MUI juga menghimbau kepada seluruh pihak agar tidak terprovokasi dalam kasus ini, tetaplah gunakan hati yang dingin. Pastinya, oknum yang tertangkap nanti akan dihukum seberat-beratnya sesuai undang-undang yang berlaku.



“Kami juga mengimbau kepada penganut semua agama di Indonesia untuk mematuhi segala perangkat hukum dan peraturan yang mengatur tentang kerukunan antarumat beragama,” tuturnya.

Ia pribadi sangat berharap agar sesama umat beragama dapat saling menjaga keharmonisannya, jangan sampai hal kecil seperti ini memecah belah kita. Karena, sesama pemeluk agama, kita harus dapat saling menghargai dan menghormati.

Dari pernyataan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, akar permasalahan pembakaran gereja di Aceh Singkil ini berasal dari penertiban rumah ibadah, yang mana ada sejumlah orang yang tidak setuju dengan hal ini. Tak kuasa menahan amarah warga, akhirnya gereja ini dibakar habis-habisan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here