Memburu Harimau Sumatera di Jambi, 3 Pelaku Terancam Masuk Bui

0
630
Harimau Sumatera

Perburuan terhadap satwa langka memang tidak diperkenankan oleh pemerintah Indonesia, terlebih harimau Sumatera yang populasinya kian menurun dari tahun ke tahun, saat ini berjumlah 325 ekor. Sangat dikhawatirkan bila harimau Sumatera ini punah. Baru-baru ini, 3 pelaku yang memburu harimau Sumatera di Jambi berhasil di tangkap.

Dari pengakuan pelaku, mereka akan menjual kulit harimau di sebuah pasar gelap. 1 Kulit harimau nantinya dapat dijual kisaran Rp 170 juta. Perburuan harimau ini memang bukan yang pertama kalinya, meski pemerintah sudah menerapkan peraturan untuk tidak memburu satwa manapun, tetap saja ada oknum yang masih melakukannya.

Pelaku Pemburu Harimau Sumatera
Mari selamatkan harimau Sumatera dari pemburuan.

Tertangkapnya 3 pemburu tersebut membuat pemerintah terus mengendus terhadap oknum-oknum lainnya, karena tidak hanya mereka saja yang melakukan aksi keji seperti ini, pasti ada oknum lainnya.

3 pemburu harimau Sumatera yang ditangkap ini berinisial M ( 27 ), MI ( 45 ), dan MU ( 32 ). Mereka menangkap harimau dengan cara dijerat oleh pelaku.



“Sebab ditemukan bekas jeratan di bagian depannya. Kemudian ada bekas tembakan di bagian belakang,” ujar Seorang staf di bagian Humas BKSDA Jambi, Ahmad Budiyana.

Akibat melakukan pemburuan terhadap satwa langka ini, ketiga pelaku yang tertangkap akan dijerat dengan Pasal 21 ayat ( 2 ) huruf b dan d, jo Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem, jo Pasal 55 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

Harimau Sumatera memang kerap kali diburu oleh oknum-oknum yang keji, mereka memburu untuk memperdagangkan kulit harimau dengan motif memperkaya diri mereka. Semoga dikemudian hari tak akan lagi ada perburuan terhadap satwa langka. Karena kepunahan satwa berakibat fatal pada ekosistem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here