Ekspedisi ExoMars Akan Dimulai Pada Januari 2016

0
449
ESA Exomars robot

Desas – desus mengenai kehidupan yang ada di planet Mars pun akan diketahui kebenarannya, benarkah ada atau tidak ada sama sekali. Banyak masyarakat yang sudah menunggu informasi terkait kehidupan pada planet Mars ini. Dalam proyek yang akan diusut oleh sekelompok peneliti asal Eropa ini, sudah mempersiapkan misi ekspedisi planet mars tersebut dengan nama ExoMars.

Nantinya para peneliti akan menggunakan sebuah robot yang nantinya akan mengelilingi sepanjang planet mars untuk mendeteksi kehidupan pada planet mars. Tim peneliti yang merupakan gabungan European Space Agency ( ESA ) mengatakan bahwa misi ini menjadi sebuah tantangan ilmiah terbesar baginya.

Pada misi ExoMars ini akan menggunakan 2 robot yang membantu dalam mendeteksi, Maurizio Capuano selaku Program Manager ExoMars mengatakan bahwa 2 robot ini akan meroket pada tahun 2016. Bagian bawah robotik ini nantinya akan digunakan untuk menyerap energi dan cahaya matahari sebagai sumber bahan bakarnya dan bagian atasnya yang membantu dalam mendarat di planet Mars nantinya.

Capuano menjelaskan nantinya bentuk pesawat akan nampak seperti UFO, namun didesain dengan bentuk yang aerodinamis. Tahap pertama akan dilaksanakan pada Januari 2016 yang akan menggunakan robot Trace Gas Orbiter. Dan tahap kedua akan dilakukan pada Mei 2018 dan akan memakai robot Rover dengan berat 300 kilogram.



Meskipun kedua misi ini berjarak dalam waktu yang cukup lama, misi ini akan tetap diawasi dengan ketat. Nantinya, pada saat pendaratan pertama dari robot Trace Gas Orbiter akan mengirimkan semua informasi dalam proses pendaratan dan untuk misi kedua dimana robot Rover akan mendarat, robot tersebut akan melakukan pengeboran sedalam 1,8 meter dan mencari sebuah penanda biologis yang mendeteksi kehidupan.

Setelah misi ini selesai dijalankan para ilmuwan akan meneliti dengan kehidupan masa lalu yang ada di planet tersebut. Apakah planet Mars pernah ada kehidupan atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here