Benarkah Tanaman Bisa Hidup di Planet Mars? Ini Dia Faktanya

0
1389
Tanaman Bisa Tumbuh di Mars

Planet Mars yang saat ini menjadi ekspedisi dari NASA telah membuat geger publik ketika seorang astronaut bernama, Mark Watney menanam tanaman kentang guna dimakan oleh dirinya sendiri, lantas akankah tanaman tersebut hidup?. Hal ini memang tak pernah terduga bahwa tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik.

Di planet merah tersebut terdapat kandungan air dan beberapa nutrisi yang dapat mendukung pertumbuhan suatu tanaman. Namun, belum dapat dipastikan apakah di planet Mars terdapat tanda kehidupan.

Menurut informasi yang dilansir dari Softpedia, Rabu ( 14/10/2015 ), tanaman bisa tumbuh di Mars asalkan kondisi lingkungannya dikendalikan dengan baik. Untuk itu, campur tangan manusia memang dibutuhkan untuk membuat tanaman tumbuh dengan baik di planet ke empat dari matahari ini.

Tanaman Hidup di Mars
Film “The Martin” yang menyorot bagaimana tanaman kentang dapat tumbuh di planet ke empat ini.

Dalam sebuah film bertajuk “The Martian”, Watnet menunjukkan bagaimana ia menumbuhkan tanaman kentang dengan menggunakan tanah dari planet Mars. Sungguh mengejutkan, tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik dan dapat ia konsumsi untuk bertahan hidup. Hal yang membuat tanaman kentang ini hidup dikarenakan adanya dua jenis nutrisi yang terdapat pada planet Mars seperti yang ada pada gambar diatas, dibagi dua menjadi “macronutritient” dan “micronutritient”.



Pihak NASA pun berharap agar kelak planet Mars dapat mendukung kehidupan manusia, sebab, dengan adanya penemuan bahwa tanaman bisa tumbuh di planet merah ini, berkemungkinan besar tak lama lagi manusia dapat hijrah untuk tinggal.

Komentar