Cara Menumbuhkan Kreativitas Pada Anak Secara Efektif

0
719
Kreativitas Anak

Sebagai orang tua tentunya ingin memberikan hal terbaik bagi pendidikan anak. Marah karena anak lebih suka bermain daripada belajar sering dilakukan para orang tua. Anak-anak bukan hanya perlu didikan untuk memahami pelajaran tapi juga perlu dididik untuk mengembangkan kreativitasnya. Memang kecerdasan secara intelektual itu penting tapi kecerdasan dalam berkreativitas juga tidak kalah penting nya. Karena kreativitas merupakan faktor pendukung untuk membangun IQ anak. Dengan kreativitas anak akan mampu berkreasi, mampu menciptakan sesuatu yang baru sehingga potensi dalam dirinya bisa terus berkembang.

Bagi anak bermain merupakan hal yang sangat penting. Tanpa disadari waktu bermain juga merupakan bagian dari pendidikan yang bisa mengasah keterampilan anak. Pada saat bermain syaraf motorik dan sensorik anak akan berkembang. Oleh karena itu orang tua harus pandai memilihkan anak mainan yang baik yang mampu mengedukasi anak sehingga sisi kreativitasnya akan tumbuh.

Pola asuh yang baik juga sangat di perlukan dalam menumbuh kembangkan daya kreativitas pada anak. Tanamkan dan ajarkan kepada anak apa yang harus dilakukan, beri contoh yang baik sehingga anak pun akan mengikuti kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua. Pengajaran yang diikuti dengan kebiasaan biasanya akan diikuti dan dilakukan anak hingga dewasa. Perlu diingat, pola asuh yang salah malah bisa membunuh sisi kreatif pada anak.

Menumbuhkan Kreativitas
Cara menumbuhkan kreativitas pada anak dapat dilakukan dengan berbagai macam cara.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar sisi kreativitas anak bisa tumbuh dan berkembang dengan baik? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar kretivitas anak bisa berkembang, antara lain:



  1. Biarkan anak menekuni hobinya

Hobi merupakan sarana anak bisa mengembangkan kretivitasnya. Selama hobi itu merupakan hobi yang bersifat positif tidak ada salahnya jika anak menyalurkannya.

  1. Kembangkan kreativitas dengan kegiatan sehari-hari

Disaat waktu luang atau libur, ajaklah anak melakukan kegiatan memasak, berkebun, menata rumah dan sebagainya bersama dirumah, hal ini merupakan kesempatan yang baik untuk melatih kreativitas anak.

  1. Ajarkan anak bertanya dan mengemukakan pendapat

Semakin anak bertanya semakin banyak hal yang akan mereka tahu. Sebagai orang tua harus sabar menjawab dan menjelaskan setiap hal yang anak tanyakan dan selalu bisa mendengarkan setiap pendapatnya.

  1. Kurangi larangan

Kurangi kata-kata yang mengandung larangan dalam mendidik. Karena hal ini bisa menumbuhkan sikap inisiatif pada anak.

  1. Berikan anak permainan edukatif

Permainan seperti puzzle dan menyusun balok bisa mengembangkan daya pikir anak.

  1. Aktifkan otak kanan anak

Jangan hanya mengaktifkan otak kiri dengan memberi berbagai macam pelajaran matematika dan hafalan, tapi berilah kesempatan otak kanan anak ikut aktif dengan cara mendengarkan lagu, bernyanyi, menari dan sebagainya.

  1. Biasakan anak membuat catatan dengan gambar

Bagi anak yang suka menggambar, gunakanlah pensil warna yang berwarna warni untuk membuat catatan dari gambar. Hal ini sangat penting untuk merangsang kemampuan otak.

  1. Berilah apresiasi

Dukunglah anak dalam aktivitasnya agar anak bisa lebih percaya diri dan mampu mengapresiasikan dirinya dengan lebih baik lagi. Dan hindari sikap membanding-bandingkan anak dengan temannya.

Menumbuhkan Kreatifitas Anak Secara Efektif
Nah, itu dia cara menumbuhkan kreatifitas pada anak kita.

Nah, itu dia cara menumbuhkan kreativitas pada anak. Tidak usah bingung lagi untuk mencari caranya, cukup lakukan cara diatas dan biarkan kreativitas anak anda bertumbuh.

Komentar