Rencana Jokowi Untuk Uang Pensiun Karyawan Swasta

0
664

Kini uang pensiun tak hanya untuk PNS saja, namun karyawan swasta pun akan menerima uang pensiun setelah Jokowi meluncurkan program jaminan pensiun pada 1 Juli 2015. Ia berharap bahwa uang pensiun ini dapat membantu karyawan swasta.

Seperti yang dirapatkan dalam Rancangan Peraturan Pemerintah ( RPP ) dan sudah dirundingkan dengan Kementrian Tenaga Kerja dan BPJS Ketenagakerjaan, nantinya uang pensiun untuk karyawan swasta akan didapatkan dari iuran setiap bulannya sebesar 8 persen dari gaji yang diterima.

Besarnya iuran 8 persen ini, bukan berarti nantinya akan dibayar oleh karyawan sepenuhnya. Tapi akan ada pembagian dimana perusahaan membayar 5 persen dan karyawan sebesar 3 persen.

Sayangnya, hal ini tidak mendapatkan response yang positif dari para pengusaha. Menurut Asosiasi Pengusaha Indonesia ( Apindo ) mengusulkan pembayaran sebesar 1,5 persen dengan rincian 1 persen dibayar oleh pengusaha dan 0,5 persen dibayar oleh karyawan.



Mengenai dana pensiun ini, nantinya akan diberikan saat pekerja berusia 56 tahun. Namun ada juga kriteria untuk mendapatkan program pensiun ini, dimana pembayaran iuran harus minimal 15 tahun. Bila sebelum 15 tahun, maka pekerja tidak akan mendapatkan dana pensiun.

Sofyan mengaku program ini masih dirapatkan mengenai iuran yang nantinya diberikan kepada para pengusaha, namun ia pun akan sebisa mungkin memberikan win win solution kepada para pengusaha.

Rencananya, program pensiun akan diluncurkan pada 1 Juli 2015 di Cilacap oleh bapak presiden RI Jokowi. Jokowi pun berharap, dengan adanya program ini, karyawan swasta bisa menjadi lebih sejahtera dan memperbaiki perekonomian negara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here