Abdi Dalem Termuda di Keraton Yogya, Riski Kuncoro Manik

0
719
Riski Kuncoro Manik

Abdi Dalem memang merupakan pemegang peranan penting dalam Keraton Yogya, selain dirinya yang mengabdi kepada raja, mereka juga turut melestarikan kebudayaan lokal yang ada di Indonesia. Umumnya, Abdi Dalem merupakan orang yang sudah berusia atau lanjut usia, tapi tidak untuk Risky Kuncoro Manik, dimana ia sudah menjadi Abdi Dalem sejak usianya masih sangat belia, yakni 5 tahun.

Abdi Dalem Termuda
Riski sudah menjadi Abdi Dalem sejak usia 5 tahun.

Lantas apa yang membuat Riski begitu menginginkan untuk menjadi seorang Abdi Dalem?. Hal tersebut karena ia terinspirasi dari ayahnya yang sudah menjadi Abdi Dalem sejak beberapa tahun, disinilah Riski mencoba untuk mengikuti jejak ayahnya. Bahkan, ketika Rizki menuju keraton, ia selalu berangkat bersama ayahnya dibonceng dengan sepeda onthel.

Riski dan Ayahnya
Ketika keduanya berangkat menuju keraton Yogya.
Riski dan Ayahnya Bersantai
Waktu santai Riski dan Ayahnya.

Sebagai seorang anak-anak, sudah sepatutnya Riski menghabiskan waktu untuk bermain bersama teman-temannya dan menikmati kehidupan di luar, tetapi bocah mungil ini tetap pada pendiriannya untuk menjadi Abdi Dalem. Tak perduli bila dirinya harus menghabiskan waktunya sebagai Abdi Dalem dengan aturan-aturan yang sangat ketat.

Abdi Dalem Riski Kuncoro Manik
Riski begitu senang menjalani hidupnya sebagai Abdi Dalem.

Sosok Riski memang kerap kali menjadi pusat perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Banyak yang ingin berfoto bersama Abdi Dalem termuda ini.



Riski Menjadi Perhatian Wisatawan
Kerap kali para wisatawan meminta foto bersama Riski.

Itu dia beberapa informasi mengenai Riski Kuncoro Manik yang sejak usianya 5 tahun sudah mengabdikan dirinya untuk menjadi Abdi Dalem. Generasi seperti Riski ini memang sangat dibutuhkan untuk mempertahankan kebudayaan lokal agar tidak tertindas dengan budaya-budaya modern yang masuk. Sukses terus untuk Riski. 🙂

 

Komentar