Penguatan Rupiah Saat Ini Hanya Bersifat Sementara

0
294
Penguatan Rupiah Terhadap Dollar

Penguatan rupiah terhadap US Dollar memang sangat dirasakan oleh sejumlah masyarakat Indonesia, sebab inilah yang ditunggu-tunggu oleh sebagian masyarakat Indonesia. Rupiah terhadap US dollar yang saat ini hanya berada pada nilai tukar Rp. 13.850 per US dollar ternyata tidak bersifat permanen, mengapa demikian?

Pengamat ekonomi Institute for Development for Economic and Finance ( Indef ), Dzulfian Syafrian menilai kalau menguatnya rupiah saat ini bukanlah dari faktor internal, melainkan faktor eskternal yang mana US dollar sedang melemah saat ini, mata uang asing pun juga mengalami penguatan.

Penguatan Rupiah
Menguatnya rupiah terhadap dollar hanya bersifat sementara.

“Kita belum bisa lihat pastinya. Kita lihat seminggu ke depan, apakah permanen? Tapi kita lihat ini karena faktor eksternal. Jadi masih tergantung langkah pemerintah. Masyarakat harus menunggu beberapa waktu ke depan untuk memastikan bahwa penguatan rupiah ini akan menunjukkan tren positif,” tuturnya.

Nantinya, rupiah bisa jadi kembali ke posisi awalnya lagi, tepatnya ketika US dollar kembali menguat, sebab, Bank Sentral Amerika Serikat ( FED Fund Rate ) memang masih menunda untuk kenaikan suku bunga. Hal ini ditinjau dari pekerja Amerika Serikat yang tidak mencapai target.



Dzulfian menambahkan masyarakat saat ini harus dapat menunggu beberapa waktu ke depan, guna mengetahui penguatan rupiah terhadap dollar ini bersifat permanen ataukah sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here