Alasan Rupiah Menguat Saat Ini, Apa Faktornya?

0
914
Penguatan Rupiah
Menguatnya rupiah terhadap dollar hanya bersifat sementara.

Terjadinya penguatan rupiah tentu menjadi kabar baik bagi masyarakat Indonesia, namun apa yang menyebabkan rupiah menguat secara drastis hingga mencapai Rp 13.855 per US$ ( kurs 10/8/2015, 11:42 WIB )? Ternyata ada beberapa faktor yang menyebabkan rupiah menguat.

Salah satu faktor utama dari menguatnya mata uang Indonesia ini dikarenakan sinyal kenaikan suku bunga acuan bank sentral Amerika Serikat ( Fed Fund Rate ) yang cenderung mereda. Dampaknya, beberapa mata uang asing terhadap mata uang US$ menjadi menguat, terutama rupiah.

Menurut ekonom dari Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, ada faktor eksternal dan internal yang menjadi penyebab menguatnya rupiah. Lantas, apa yang menyebabkan rupiah menguat?. Dari pernyataan Lana, terjadi penguatan rupiah karena penyerapan tenaga kerja di Amerika tidak semuanya terserap, targetnya adalah 201 ribu orang, namun hanya terealisasikan sebesar 142 orang saja. Akibat hal ini, tingkat pengangguran di Amerika Serikat masih cukup tinggi, yakni 5,1 %.

Akibat tingkat pengangguran di Amerika Serikat masih tinggi, hal tersebut menyebabkan FED menunda untuk menaikan suku bunga, tentu hal tersebut berdampak penguatan nilai rupiah dan mata uang asing lainnya terhadap dollar.



Rupiah Menguat
Faktor nilai rupiah menguat.

Penguatan mata uang rupiah juga disebabkan oleh dana asing yang masuk ke Indonesia, terutama pada pasar obligasi. Itulah beberapa faktor yang menyebabkan rupiah menguat. Akankah rupiah terus menguat? Semoga bank BI dapat mempertahankan nilai rupiah dan mencoba untuk menguatkannya kembali.

Komentar