Kebijakan Baru, KTP Anak Akan Diberlakukan Pemerintah!

0
732
KTP Anak

Kartu Tanda Penduduk ( KTP ) memang sangat diperlukan, biasanya KTP dapat dibuat saat individu mencapai usia 18 tahun. Namun, baru-baru ini, pemerintah memiliki kebijakan baru, yang mana anak berusia 0-17 tahun akan memiliki KTP anak. Kebijakan KTP untuk anak ini akan diberlakukan mulai tahun 2016 mendatang.

Dari pernyataan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakrulloh mengatakan kalau ke depannya, anak-anak yang baru lahir tidak hanya memiliki akta kelahiran saja, tetapi sekaligus dengan KTP anak. Nantinya KTP untuk anak ini akan sangat berguna sebagai bentuk pemenuhan hak konstitusional dan juga dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti sekolah, membuka rekening bank, mendaftar di puskesmas dan masih banyak lainnya yang berhubungan dengan KTP.

Anak Akan Punya KTP
Salah satu aktifitas pembuatan KTP.

Mengapa pemerintah memberlakukan KTP untuk anak-anak? Sebab, selama ini kebanyakan keperluan anak harus menggunakan kartu keluarga untuk mengurusnya, ini juga dapat membantu dalam mengidentifikasi ketika terjadi kejahatan-kejahatan pada anak.

Mengenai bentuk KTP untuk anak ini, pemerintah tidak langsung memberikan e-KTP, tetapi KTP seperti biasanya, masih dalam pencatatan sipil, belum masuk ke dalam sistem utama. Setelah anak mencapai usia 18 tahun keatas, barulah diperkenankan untuk menggantinya dengan e-KTP.



“Bentuk KTP-nya masih biasa, belum KTP elektronik. Nanti setelah usia 18 tahun ke atas, baru wajib perekaman,” tuturnya.

KTP untuk anak ini akan diberlakukan pada seluruh kota / kabupaten pada tahun 2016, sangat diharapkan agar seluruh masyarakat dapat bekerjasama untuk mensukseskan program ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here