Langkah Susi Pudjiastuti Untuk Berantas Maling Ikan

0
251
Langkah Susi Pudjiastuti Untuk Cegah Pencurian Ikan

Pencurian ikan memang marak terjadi di perairan Indonesia, hal ini dikarenakan tidak adanya penjagaan ketat dari pemerintah Indonesia dan hal ini juga menyebabkan negara mengalami kerugian yang cukup parah. Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti membuat sebuah terobosan atau langkah untuk memberantas maling ikan ini, ia juga mengajak Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI ) untuk mendukung langkahnya tersebut.

Sampai saat ini Susi memang masih belum mendapatkan dukungan dari pemerintah untuk merealisasikan rencananya tersebut. Oleh karena itu, Susi mengajak HIPMI untuk membantunya dengan menyampaikan aspirasi ini kepada pemerintah. Semakin banyak masyarakat yang mendukung tentunya akan semakin besar kekuatan untuk memperbaiki perairan Indonesia.

Pencurian Ikan di Indonesia
Salah satu kapal pencuri ikan yang ditenggelamkan.

Rencana Susi memang tidak muluk-muluk, meninjau dari jumlah kapal nelayan di Indonesia, ia ingin agar armada patroli ditambah untuk menjaga perairan. Karena, menurut Anggawira selaku ketua BPP HIPMI, armada patroli masih sangat minim sekali.

“Ketersediaan kapal patroli perikanan kita masih kurang, dalam program penyediaan kapal oleh Kementerian Perikanan harus diperhatikan juga terkait pertambahan kapal patroli. Pengawasan dibutuhkan kurang lebih 200 kapal patroli jika ingin illegal fishing benar-benar hilang,” ujar Anggawira dalam keterangannya, Selasa (6/10/2015).



“Kita harus mikir panjang, jangan karena mau hemat, kita rugi yang lebih besar lagi. Kebutuhan unit Kapal patroli Rp 4-5 triliun, Pilih kapal atau negara rugi gara-gara BBM subsidi dan illegal fishing Rp 30 triliun,” tambahnya.

Kasus pencurian ikan memang sangat sulit untuk ditanggulangi, salah satu menekan aktifitas pencurian ikan adalah dengan menambah armada, bila perlu tambahan armada melalui udara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here