Korban Mina Berjumlah 1800, Kini Telah Dimakamkan

0
444
Lokasi Kuburan Korban Tragedi Mina

Tragedi yang terjadi di Mina memang cukup menyita perhatian publik, tak sedikit yang berduka atas kejadian ini, bila pada awalnya, jumlah korban tragedi Mina baru mencapai 700, pada hari ini sudah berjumlah 1800 dan semuanya sudah dimakamkan di pemakaman yang berada di sisi kanan tempat pemulasaran jemazah Muashim.

“Ada 1.800 jenazah yang sudah dikuburkan di situ,” ujar Kepala Kantor Urusan Haji Daker Makkah Arsyad Hidayat di kantornya, Minggu (4/10/2015).

Arsyad juga mengatakan kalau beberapa korban WNI yang wafat disana ikut dimakamkan pada pemakaman tersebut. Sebab, takut malah menjadi wabah penyakit bila terlalu lama didiamkan.

Prosesi pemakaman berlangsung cukup ramai di pemakaman Muashim, Dirjen Penyelenggara Ibadah Haji, Abdul Djamil dan tim juga berkesempatan untuk menyaksikannya secara langsung, karena mereka juga ingin meninjau kelayakan tempat peristirahatan yang disediakan oleh pemerintah Arab.



Pemakaman berlangsung pada pukul 22.00 WIB, Sabtu Malam kemarin ( 3/10/2015 ). Nampak kurang lebih 60 lubang sudah disiapkan untuk menampung para jenazah korban Mina ini.

Tragedi di Mina
Inilah keteledoran pemerintah Arab Saudi yang menyebabkan tragedi di Mina.

Tak berselang lama Abdul dan tim menunggu, mobil ambulan pun datang membawa jenazah yang sudah dimandikan dan dikafankan satu per satu. Prosesi pemakaman pun berjalan cukup lancar, beberapa diantaranya ada yang teridentifikasi sebagai jamaah haji Indonesia.

Mengenai detail kuburan seperti apa, kuburan Muashim ini berbentuk persegi panjang yang berukuran 3 kali lapangan bola, yang mana setiap blok memiliki ukuran 8×100 meter. Pada setiap blok juga dibuat liang kubur dengan ukuran panjang 2,5 m, lebar 1,5 m dan kedalaman 2,5 m. Setiap bloknya, kurang lebih ada 200 kuburan yang sudah disiapkan.

Kuburan Muashim ini juga mampu menampung ribuan jenazah korban Mina, pemerintah Arab pun sangat berharap agar tragedi Mina tidak akan terulang kembali di masa mendatang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here