Tiga Bank BUMN Cari Utang ke China, Mengapa Demikian?

0
300
Dana Pinjaman CDB

Bagaimana bisa tiga bank BUMN bisa-bisanya berhutang sampai ke China?. Mungkin sebagai masyarakat Indonesia, ini sudah menjadi pertanyaan yang umum. Baru-baru ini, tiga bank yang bernaung di BUMN meminjam dana sebesar US$ 3 miliar atau setara dengan Rp 42 triliun dari China Development Bank ( CDB ).

Pinjaman yang dilakukan ketiga bank BUMN ini memang merupakan hal yang fatal. Banyak kontra yang terjadi terhadap peminjaman ini. Beredar juga omongan kalau Rini Soemarmo, Menteri BUMN yang ada dibelakang semua ini. Lantas, benarkah kabar tersebut?.

Pinjaman yang diberikan CDB ini berawal dari kunjungan presiden RI, Jokowi ke China pada 28 Maret 2015 lalu, kedatangan bapak presiden RI ini juga bermaksud untuk menandatangani perjanjian kerjasama antara China dan Indonesia.

Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Konstruksi dan Jasa Lain Kementrian BUMN, Gatot Trihargo menyatakan kalau ini sudah ada dalam MoU antara Indonesia dan China yang sudah disetujui oleh presiden Indonesia, Jokowi, yang mana Jokowi memerintahkan Sofyan Djalil ( Menko Bidang Perekonomian Saat itu ) dan Rini Soemarmo ( Menteri BUMN ) untuk menindaklanjuti MoU tersebut.



Dari hasil negoisasi, akhirnya China memberikan pinjaman kepada ketiga bank BUMN yang masing-masing berjumlah US$ 1 miliar. Dimana, nantinya dana tersebut akan digunakan untuk membangun infrastruktur negara Indonesia. Menteri Rini Soemarmo hanya menjadi jembatan saja untuk peminjaman dana ini.

Bank BUMN Berhutang ke CDB
Rini Soemarmo hanya menjadi saksi peminjaman bank CDB kepada ketiga bank BUMN.

“Itu skemanya business to business (B to B). Yang menandatangani Dirut masing-masing bank dengan CDB dan disaksikan Bu Rini,” ujar Gatot.

Pinjaman tersebut memiliki waktu tenggang 3 tahun dan waktu jatuh tempo selama 10 tahun. “Pinjaman ini untuk membiayai pembangunan infrastruktur di Indonesia dan pembiayaan bagi industri yang berorientasi pada ekspor,” pungkas Gatot.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here