Kalimat Sindiran Istana Terhadap Singapura yang Memprotes Kabut Asap

0
586
Sindiran Indonesia untuk Singapura

Baru-baru ini pemerintah Singapura, yakni Menteri Luar Negeri K. Shanmugam memang menyikapi keras terhadap kabut kiriman dari Indonesia. Berbagai kalimat yang terbilang tidak layak pun di lontarkan kepada pemerintahan Indonesia yang dianggap bahwa jajaran pejabat Indonesia tidak dapat bekerja dengan baik untuk memadamkan kebakaran hutan pada beberapa lokasi di Provinsi Riau, hingga membuat sebagian negara Singapura tertutup oleh kabut asap.

Tak senang dengan pernyataan Singapura yang terlalu keras, sindiran pun keluar dari Istana Presiden Indonesia. Sebab, Singapura dianggap terlalu mengecam Indonesia.

“Saya kira Singapura juga cukup menikmati lah selama ini, supply oksigen dari Indonesia selama 9 bulan,” sindir Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, kemarin (28/9).

Ucapan serupa juga pernah diucapkan Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla. Ia menilai Singapura tak pernah sedikitpun berterima kasih terhadap supply oksigen yang diberikan Indonesia, sedangkan disaat seperti ini malah mengecam. Singapura dianggap tidak pernah bersyukur dan tak tahu terima kasih.



“Kita juga tahu lah, banyak industri kebun, tambang, yang menyimpan hasil ekspornya di Singapura,” tuturnya lagi, sebagai tambahan alasan perlunya Singapura memahami kesulitan Indonesia.

Kebakaran di hutan Riau
Akibat kebakaran pada beberapa hutan Riau, Singapura terkena dampak kabut asapnya.

Pemerintah sudah berjuang sangat keras untuk memadamkan kebakaran hutan yang semakin membesar dari hari ke hari. Namun, saat ini memang sangat sulit untuk memadamkannya secara total. Terutama pada lahan gambut. Ditambah, musim kemarau yang panjang semakin membuat api cepat menjalar.

“Yang pasti, pemerintah tidak diam, usaha keras pemadaman terus dilakukan. Bahkan sekarang kami terus memikirkan bagaimana kebakaran hutan yang terus menerus selama 17 tahun ini bisa dihentikan,” tandasnya.

Singapura memang terlalu mengecam terhadap negara Indonesia, padahal kebakaran hutan ini juga ada sangkut pautnya dengan negara tersebut. Beberapa perusahaan Singapura juga bertanggung jawab atas kebakaran yang terjadi. Namun, semua kesalahan seolah-olah dilontarkan kepada pemerintahan Indonesia yang tidak cekatan dalam menyelesaikan masalah kebakaran hutan di provinsi Riau ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here