Pensiunan Polisi Ini Tidur di Kolong Jembatan, Sungguh Miris!

0
1036
Kakek Pensiunan Polisi Ini Tinggal di Kolong Jembatan

Sugeng Pratoko ( 68 ) biasa kerap dipanggil Sugeng adalah seorang bapak lanjut usia ( lansia ) yang bernasib kurang baik di masa-masa tuanya. Bagaimana tidak, saat orang seusianya sudah dapat bersantai di tempat tinggal yang layak sambil menikmati aktifitas-aktifitas tuanya. Namun tidak untuk Sugeng. Siapa yang sangka kalau bapak Sugeng ini adalah pensiunan polisi dengan pangkat Aiptu ( Ajun Inspektur Satu ).

Saat ini Sugeng tinggal disebuah kolong jembatan yang berada di Samarinda, ia memang tidak memiliki rumah, oleh karena itu ia harus tinggal disana. Selepas pensiun, Sugeng menjadi penjaga kapal yang bersandar di sekitaran Sungai Karang Mumus Samarinda.

Pensiunan Polisi Tinggal di Kolong Jembatan
Beginilah kondisi tempat tinggal pensiunan polisi Sugeng Pratoko.
Pensiunan Polisi Tinggal di Kolong Jembatan
Beginilah kondisi tempat tinggal pensiunan polisi Sugeng Pratoko.

Kehidupan Sugeng bisa dibilang tidak layak sebagai pensiunan polisi, namun inilah nasibnya dan ia pun menerima dengan lapang dada. Kerap kali Sugeng mengalami sakit karena kondisi lingkungan yang kotor. TV tabung 14 inch menjadi salah satu hiburan Sugeng disaat dirinya sedang bosan. Saat ditanyakan sudah berapa lama ia tinggal disini, jawabannya pun cukup mengejutkan.

“Saya sudah empat puluh tahun tinggal di sini sambil jaga kapal yang sandar,” ujarnya dengan suara yang lemah.



Kembali ditanyakan mengenai anak, ia menjawab memiliki enam anak dan tinggalnya pun tak jauh dari kawasan Jalan Abdul Muthalib dan Jelawat.

“Anak saya dua di Jakarta, empat di Samarinda. Mereka tinggal sekitaran sini saja,” tuturnya sambil menunjuk ke arah sekitaran kawasan Sungai Karang Mumus.

Sugeng lebih memilih untuk tinggal di kolong jembatan ketimbang rumah anak-anaknya karena ia merasa masih cukup mampu untuk mencari uang dan ia pun tak ingin merepotkan anak-anaknya.

Hal mengejutkan yang membuat tersentuh pun datang dari Sugeng, sebagai penjaga kapal. Ia mampu mendapatkan uang sebesar Rp 2,5 juta per bulannya dan sebagian uangnya ia sisihkan untuk cucu-cucunya yang berjumlah 13 orang. Sosok Sugeng memang sangat menginspirasi, semoga Sugeng lekas mendapatkan bantuan dari pemerintah. Karena, ia merupakan pensiunan polisi yang sekarang hidup digaris kemiskinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here