Kebakaran Hutan di Riau Tak Berhenti-henti, Singapura Mengecam!

0
650
Kabut Asap Menyelimuti Singapura

Singapura yang tertutup kabut asap akibat kebakaran yang di Riau yang kian membesar dari hari ke hari,  mengecam akan kinerja para pejabat Indonesia, kurang lebih 3 minggu beberapa sekolah dasar sampai menengah terpaksa tidak beroperasi selama kabut masih menyelimuti.

Menteri Luar Negeri Singapura, K Shanmugam pun tak sabar lagi melihat kinerja pemerintahan Indonesia yang tidak dapat memadamkan api di Sumatera. Pernyataan panas pun keluar dari Kemenlu Singapura ini. Mau tahu bagaimana pernyataannya terkait kebakaarn hutan di Riau yang menyebabkan Singapura diselimuti kabut asap?. Ini dia.

“(Walau Jakarta mengatakan bahwa pihaknya tengah mengambil langkah-langkah untuk menangani masalah itu), pada saat yang sama, kita mendengar beberapa pernyataan mengejutkan, di level pejabat senior, dari Indonesia, yang tidak memedulikan rakyat kita, dan rakyat mereka sendiri,” kata Shanmugam dalam sebuah posting-an di Facebook pada Kamis malam.

“Bagaimana mungkin pejabat senior pemerintahan mengeluarkan pernyataan seperti itu, tanpa memedulikan rakyat mereka sendiri, atau kita, dan tanpa rasa malu atau rasa tanggung jawab?” kata dia.



Pernyataannya memang sangat pedas sekali kepada para pejabat Indonesia, seolah-olah pejabat Indonesia tidak melakukan hal yang benar dan tidak memperdulikan rakyat Indonesia ataupun Singapura.

Mendapati kecaman yang dilontarkan oleh Singapura, presiden Jokowi tidak mau terlalu banyak berkomentar, ia menganggap sudah menjadi hal yang wajar bila mereka memberi kecaman, sebab sudah hampir 3 minggu kebakaran di Riau ini sangat sulit untuk dipadamkan.

Sayangnya, Wapres Jusuf Kalla tak senang dengan pernyataan Kemenlu Singapura yang menganggap kalau para pejabat Indonesia tidak dapat bekerja dengan baik, sebab, menurut dirinya, Indonesia sudah berjuang sangat keras untuk memadamkan api yang kian menjalar dari hari ke hari.

“Selama 11 bulan, mereka menikmati udara bersih dari Indonesia, dan mereka tidak pernah mengucapkan terima kasih kepada kita,” tutur JK saat itu.

Ari Dwipayana dari Tim Komunikasi Presiden Joko Widodo tidak terlalu mau menanggapi kecaman dari Kemenlu Singapura tersebut. Ia hanya meminta agar dapat menghargai apa yang tengah pemerintah Indonesia lakukan.

Kebakaran Hutan di Riau
Kebakaran Hutan di Riau tak hanya berdampak ke daerah sekitar, tapi sampai ke Singapura juga.

“Presiden telah menyatakan bahwa semua kekuatan telah dikerahkan, kita akan all out untuk memadamkan api dengan bom air dan modifikasi cuaca,” tutur Ari kepada AFP.

“Presiden juga langsung mengunjungi wilayah yang terkena dampak, dan ini menunjukkan betapa seriusnya kita dalam menangani kebakaran hutan dan kabut asap,” tambahnya.

Semoga para tetangga Indonesia dapat mengerti musibah yang sedang terjadi di Indonesia ini dan dapat memberikan bantuan guna memadamkan si jago merah yang kian melahap hutan-hutan di Riau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here