Dinosaurus Tertua Ditemukan, Ini Dia Predator yang Mematikan Kala Itu

0
749
Dinosaurus Lightning Ridge

Dinosaurus tentu identik dengan hewan yang memiliki tubuh besar dan bobot yang sangat berat. Sayangnya, hewan ini sudah punah sejak ratusan juta tahun silam. Saat ini, manusia hanya dapat menemukan fosil-fosil dari dinosaurus saja dan mencoba untuk menspekulasi bagaimana bentuk dari dinosaurus yang fosilnya mereka temukan.

Baru-baru ini, para ilmuwan berhasil menemukan fosil dinosaurus tertua yang dinamakan ‘Cakar Petir’ ( Lightning Claw ). Fosil pemakan daging ini ditemukan di Lightning Ridge, New South Wales, Australia. Mengapa dinosaurus ini dijuluki sebagai ‘Cakar Petir’ ( Lightning Claw ) sebab cakarnya sangat panjang sekali, mencapai 25 cm.

‘Cakar Petir’ ( Lightning Claw ) memiliki tubuh sepanjang 7 meter dan ini merupakan dinosaurus pemakan daging tertua yang fosilnya berhasil ditemukan di Australia.

Para ilmuwan juga menyimpulkan kalau dinosaurus ini termasuk kedalam kategori megaraptroid kelompok dinosaurus theropod dengan cakar yang besar. Penemuan ini termasuk sangat langka, karena tak disangka akan ada megaraptroid yang hidup di Australia.



Penemuan Fosil Dinosaurus
Inilah penemuan fosil dinosaurus ‘cakar petir’.

“Penemuan ini mengubah anggapan jika dinosaurus dari Australia adalah keturunan dari dinosaurus asal Afrika atau Amerika Selatan. Si ‘Cakar Petir’ ( Lightning Claw ) mungkin adalah nenek moyang semua jenis raptor. Jadi raptor ini pertama kali muncul di Australia,” jelas Dr. Phil Bell dari University of New England, Australia.

Bagaimana pendapat anda tentang dinosaurus ini, tidak terbayang bukan bila hewan ini hidup di zaman sekarang ini. Yuk, dapatkan informasi menarik lainnya di beritapetang.com

Komentar